Menu

Yummy! 10 Makanan Berikut Dapat Mencegah Kanker Serviks Lho Beauty

30 Agustus 2021 17:00 WIB

Ilustrasi seorang wanita tengah mengonsumsi makanan sehat. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Kanker serviks tentunya menjadi momok nyata bagi para wanita. Kendati begitu, tak perlu khawatir karena sederet makanan ini mampu menurunkan risiko kanker serviks. 

Kanker serviks memang dapat menyerang wanita usia berapa pun. Namun lebih rentan bagi mereka yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. 

Tak cuma melakukan hubungan seksual yang sehat, serta rutin melakukan pemeriksaan pap smear dibantu dengan vaksinasi HPV (human papillomavirus), risiko kanker serviks juga dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi sederet makanan dibawah ini. 

Berikut 10 diantaranya seperti dilansir dari laman halodoc.com (30/8/2021)

1. Pepaya

Buah asal Amerika Tengah ini mengandung vitamin C yang tinggi, beta-cryptoxanthin dan zeaxanthin yang mampu menurunkan risiko terjadinya infeksi HPV. Yakni virus yang dapat menyebabkan penyakit menular seksual termasuk kanker serviks. 

2. Raspberry

Bukan cuma digemari sebagai buah pendamping diet karena rendah kalori, raspberry juga mengandung nutrisi baik yakni sifat anti-mutagenik dan antikarsinogenik yang dapat mencegah terjadinya perkembangan sel HPV. 

3. Ceri

Ceri yang mengandung alkohol perillyl (POH) ternyata efektif untuk menghancurkan berbagai sel kanker in vitro dan in vivo. Maka dari itu buah ini termasuk ke dalam makanan yang dapat mencegah risiko kanker serviks.

4. Ikan Salmon

Tak dapat dipungkiri bahwasannya ikan salmon memang kaya akan nutrisi dan gizi. Salah satunya baik untuk mencegah risiko kanker lantaran mengandung omega 3 serta astaxanthin (nutrisi anti kanker).

5. Teh Hijau

Katekin yang terkandung pada teh hijau berperan untuk melindungi sel dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas. Bukan cuma itu saja, teh hijau juga mampu menekan enzim (urokinase) yang berperan untuk menyebarkan sel kanker pada kanker serviks.

6. Brokoli

Sudah tak dapat dipungkiri bahwasannya sayuran yang satu ini terbukti efektif dalam mencegah kanker serviks. Dengan mengonsumsi brokoli secara mentah atau direbus sebentar dapat memberikan beragam manfaat baik bagi tubuh. Diantaranya menghilangkan racun karsinogenik, mencegah mutasi DNA, mencegah sel kanker menyebar ke organ tubuh lain, menghambat perkembangan tumor, dan menginduksi apoptosis sel kanker.

7. Selada Air

Selada air yang kerap dijadikan makanan pendaming ternyata mampu mencegah risiko kanker serviks. Hal ini dikarenakan selada air memiliki kandungan vitamin C dan phenetyl isothiocyanate (PEITC) yang dapat melawan kanker. 

8. Bayam

Asam folat tinggi yang terkandung pada bayam ini bekerja untuk memproduksi sel-sel baru sehingga sel-sel lama atau rusak yang dapat memicu kanker dapat teratasi. Tak cuma itu, bayam juga mengandung vitamin E yang baik untuk meningkatkan fungsi sel sehat. 

9. Wortel

Sayuran yang kerap disandingkan dengan kesehatan mata ini juga ternyata dapat mencegah risiko kanker serviks. Lantaran wortel mengandung antioksidan yang dapat melawan sel kanker. 

10. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini baik untuk menghindari risiko kanker serviks. Hal ini dikarenakan rempah yang satu ini memiliki kandungan sifat anti kanker sehingga efektif untuk melawan berbagai jenis kanker. 

Artikel Pilihan