Menu

5 Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung, Wajib Dicatat!

02 September 2021 21:00 WIB

Ilustrasi menolak makanan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Bagi pengidap penyakit jantung tentunya harus semakin lebih memperhatikan asupan yang masuk dalam tubuh. 

Jika sembrono dalam memilih makanan tentunya akan memicu komplikasi yang bahkan mengancam jiwa.

Tak cuma rutin mengonsumsi obat dari dokter, 5 makanan ini juga sebaiknya dihindari. Apa saja ya?

Melansir dari hellosehat.com, berikut diantaranya. 

1. Tinggi Lemak dan Kolesterol

Penyebab dari penyakit jantung umumnya dikarenakan adanya penyempitan pembuluh darah arteri karena plak. Plak tersebut terbentuk karena mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. Jika terus dilanjuti tentunya akan berdampak pada risiko penyakit jantung semakin tinggi. 

2. Olahan Daging

Protein hewani pada daging memang baik namun berbeda jika daging tersebut sudah diolah seperti sosis, kornet, atau daging asap. Hal ini dikarenakan daging olahan mengandung pengawet nitrit atau garam. Bagi pengidap jantung tentunya ini bukanlah hal baik mengingat harus mengurangi asupan garam lantaran garam dapat menaikkan tekanan darah.

3. Mayonaise dan Margarin

Meski terasa lezat sebagai penambah cita rasa pada makanan, sayangnya mayonaise dan margarine yang tinggi lemak trans harus dihindari karena dikhawatirkan dapat memicu kenaikkan kolesterol.

4. Camilan dan Makanan Asin

Makanan ringan apalagi asin yang biasa dijadikan sebagai teman menemai waktu mengerjakan tugas atau lainnya, bagi pengidap jantung sebaiknya untuk segera dihindari. Mengingat penderita jantung harus mengurangi konsumsi garam karena dapat berdampak pada tekanan darah yang tak dapat mengurangi aliran oksigen pada jantung. 

5. Tinggi Gula

Tak cuma asin, makanan tinggi gula juga tak dianjurkan bagi pengidap jantung. Mengingat makanan tinggi gula dapat memicu obesitas yang justru akan memperparah kondisi kesehatan jantung. 

Jika memang tak bisa untuk dihindari, ada baiknya untuk lebih mengurangi porsi makannya ya, Beauty!