Menu

5 Menu Sarapan yang Perlu Dihindari Para Penderita Diabetes, Jangan Asal Makan Ya!

07 September 2021 05:45 WIB

Ilustrasi menolak makanan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Penting untuk tak melewatkan sarapan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, tak semua menu sarapan bisa disantap begitu saja, khususnya bagi para penderita diabetes. Seperti yang diketahui, penderita diabetes pantang banget mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Bagi para penderita diabetes, dituntut untuk lebih selektif dalam memilih makanan untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuh. Penting bagi mereka untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Dengan begitu, kadar gula darah akan tetap stabil.

Berikut ini HerStory rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/9/2021), lima jenis menu sarapan yang pantang dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Penasaran apa saja? Yuk simak artikel berikut!

Roti, Nasi, dan Pasta

Meski tetap harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, penderita diabetes pantang banget nih mengonsumsi roti non gandum, nasi, dan pasta saat sarapan. Mengapa demikian? Ketiga jenis sarapan tersebut termasuk makanan berkarbohidrat tinggi.

Jenis makanan tersebut terbukti bisa meningkatkan kadar gula darah. Bahaya banget kalau dikonsumsi oleh para penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Dilansir dari laman Healthline, dalam sebuah penelitian, pasta bebas gluten enggak menjamin makanan tersebut bebas dari gula. 

Studi lain juga mengatakan kalau makanan berkarbohidrat tinggi, enggak hanya meningkatkan gula darah melainkan dapat menurunkan fungsi otak para penderita diabetes tipe 2.

Breakfast bar

Biasanya, banyak orang yang lebih memilih menu breakfast bar karena tersaji dengan cepat dan mudah. Tapi tahu enggak sih Beauty, makanan yang tersedia di breakfast bar kebanyakan mengandung gula dan karbohidrat lho.

Biasanya, dibuat dengan biji-bijian olahan dan banyak gula. Meskipun memiliki rasa buatm tetapi enggak banyak buah asli. Jadi, dengan mengonsumsinya bisa menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat.

Yoghurt dengan rasa buah

Yoghurt dengan beragam rasa memang nikmat disantap saat sarapan. Tapi, yoghurt dengan rasa buah bukan pilihan yang baik untuk penyandang diabetes, Beauty.

Mengapa demikian? Yoghurt yang memiliki rasa biasanya terbuat dari susu rendah lemak dan serat, dicampur dengan kandungan karbohidrat dan gula. Hal ini dapat meningkatkan gula darah dan insulin dalam tubuh.

Bagi para penderita diabetes, disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt tanpa gula dan perasa. Selain untuk meghindari resistensi gula, ini juga bermanfaat untuk mengendalikan berat badan dan menjaga kesehatan usus lho!

Sosis dan telur

Sosis dan telur juga menjadi salah satu menu sarapan yang dipantang oleh penderita diabetes. Meski sosis dan telur terbilang rendah karbohidrat, total gram lemak di dalamnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sekadar Beauty tahu, penderita diabetes juga berisiko lebih tinggi untuk penyakit jantung.

Menurut American Heart Association, menurunkan jumlah lemak jenuh dalam makanan bisa membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Jus buah

Meski tergolong sehat, jus buah menjadi salah satu menu sarapan yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Ini lantaran kandungan gula yang berada di dalam buah tersebut.

Sebagai gantinya, beauty bisa mengkonsumsi air dengan irisan lemon atau infuse water. Kandungan dalam infus water ini hanya kurang dari 1 gram karbohidrat dan hampir bebas kalori.

Nah Beauty, itu dia lima jenis menu sarapan yang perlu kamu hindari bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat!