Menu

Ajaib! 4 Bumbu Dapur Ini Ternyata Ampuh Cegah Darah Tinggi

07 September 2021 10:45 WIB

Ilustrasi Bumbu Rempah (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut dengan silent killer. Ini dikarenakan tekanan darah tinggi sering kali enggak memiliki gejala. 

Padahal, tekanan darah yang tinggi bisa jadi risiko utama penyakit jantung dan stroke lho. Tekanan darah sendiri bergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung dan ukuran arteri. Semakin sempit arteri, maka tekanan darah juga semakin tinggi.

Obat-obatan biasanya digunakan untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Namun, perubahan gaya hidup, termasuk modifikasi pola makan, bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menangani hal ini adalah dengan menjaga gaya hidup serta pola makan sehat. 

Tahu enggak Moms, ternyata bumbu dapur pun bisa dijadikan obat alami bagi penderita darah tinggi lho.

Kira-kira bumbu dapur apa saja ya yang bermanfaat cegah darah tinggi? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari Hellosehat.com, Selasa (7/9).

1. Bawang putih

Bawang putih umumnya digunakan sebagai salah satu rempah yang wajib ada di setiap masakan. Namun ajaibnya, bawang putih juga bisa menjadi obat herbal untuk menurunkan darah tinggi secara alami.

Studi literatur yang dipublikasikan Pharmacognosy Review pada 2011 menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, terutama tekanan darah sistolik. Penurunan tekanan darah ini umumnya terjadi pada seseorang dengan jenis hipertensi esensial atau primer.

Akan tetapi, bawang putih sebagai obat bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, terutama obat antikoagulan. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat alami atau herbal untuk hipertensi.

Untuk dijadikan obat, bawang putih dapat dikonsumsi mentah atau dijadikan dalam bentuk ekstrak cair, minyak, atau bubuk. Namun, Moms pun bisa memasukkan bawang putih pada masakan.

2. Kayu manis

Kayu manis sering digunakan untuk menambah rasa pada beberapa masakan. Namun ternyata, rempah jenis ini juga bisa digunakan sebagai salah satu obat hipertensi tradisional.

Sebuah studi yang dipublikasikan di journal Nutrition menyebutkan bahwa kayu manis berhubungan dengan penurunan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik, pada orang dengan diabetes tipe 2. Meski demikian, kayu manis belum terbukti secara langsung dapat mengontrol tekanan darah pada pasien hipertensi. Oleh karena itu, penelitian lanjutan dibutuhkan untuk membuktikannya.

Seperti diketahui, diabetes memang merupakan salah satu penyebab hipertensi, terutama hipertensi sekunder. Kondisi ini bisa terjadi karena resistensi insulin pada penderita diabetes dapat menyebabkan naiknya tekanan darah.

3. Jahe

Selain untuk menghangatkan tubuh, jahe juga termasuk dalam obat herbal yang sering digunakan untuk menurunkan darah tinggi secara alami. Penelitian yang dilakukan pada hewan membuktikan bahwa jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah.

Zat aktif dalam jahe, yaitu saponin, flavonoid, amine, alkaloid, dan terpenoid, terbukti dapat meningkatkan relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Meskipun penelitan mengenai efek jahe pada tekanan darah manusia masih belum begitu banyak dan umumnya masih menggunakan dosis yang rendah. Hasil dari penelitiannya pun belum begitu meyakinkan.

Namun, dilansir dari Cleveland Clinic, salah satu manfaat jahe, yaitu menurunkan kadar kolesterol. Adapun kolesterol merupakan salah satu penyebab hipertensi.

4. Seledri

Tanaman hijau yang mengandung zat kimia alami ini disebut dengan phthalide. Phthalide dapat membantu mengendurkan jaringan-jaringan yang terdapat di dinding pembuluh arteri, sehingga tekanan darah dapat menurun. Selain itu, kandungan magnesium dan kalium di dalam seledri juga dapat membantu menjaga tekanan darah normal.

Moms bisa membuatnya menjadi jus lalu ditambahkan dengan madu agar lebih nikmat atau ditambahkan dengan cuka yang diyakini dapat meredakan pusing, sakit kepala, dan nyeri bahu yang terkait dengan gejala hipertensi.

Itulah beberapa bumbu dapur 'ajaib' yang bisa Moms gunakan sebagai obat alami untuk mencegah darah tinggi.