Menu

Kesukaan Banyak Orang, Makanan Ini Justru Jadi Penyebab Utama Kolesterol Tinggi, Awas Bisa Sebabkan Penyumbatan Darah!

08 September 2021 16:50 WIB

Rendang. (Unsplash/Prananta)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi adalah kondisi umum yang bisa meningkatkan risiko beberapa komplikasi kesehatan. Jika tak diatasi dengan serius, kolesterol bisa sangat mematikan karena bisa picu penyakit jantung.

Ternyata salah satu penyebab utama kolesterol adalah dari asupan makanan. Namun, mungkin banyak yang belum sadar bahwa beberapa makanan yang dikonsumsi sehari-hari ternyata tinggi kolesterol yang bisa menyebabkan penyumbatan darah.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak zat lemak, yang dikenal sebagai kolesterol dalam darah Anda. Memiliki terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah Anda, yang dapat mengganggu aliran darah.

Lantas makanan apa yang menyebabkan kolesterol tinggi?

Kolesterol hanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, menurut badan amal Heart UK.

Dilansir dari laman Express (8/9/2021) makanan yang juga mengandung lemak jenuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan kolesterol dalam darah Anda. Makanan ini termasuk makanan susu penuh lemak, lemak hewani, dan daging olahan.

Namun, ada beberapa makanan lain yang tinggi kolesterol, tetapi rendah lemak jenuh. Daging tanpa lemak, telur, dan jenis makanan laut tertentu semuanya tinggi kolesterol, tetapi rendah lemak jenuh.

Jika Anda khawatir dengan kadar kolesterol di tubuh, Anda dapat mencoba mengurangi jumlah makanan hewani dan menggantinya dengan makanan yang berasal dari tumbuhan. Tetapi Anda harus berbicara dengan dokter atau ahli gizi untuk saran tentang cara menghindari kolesterol tinggi.

"Kebanyakan orang tak perlu mengurangi kolesterol yang ditemukan dalam makanan. Jadi Anda tetap bisa menikmati telur dan kerang," kata badan amal Heart UK.

"Jauh lebih penting untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Itu karena lemak jenuh mempengaruhi cara hati menangani kolesterol.

Jadi, makan lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol darah Anda. Cobalah untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh yang lebih baik untuk jantung. Untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi atau berisiko tinggi dan memiliki penyakit kardiovaskular, Anda masih bisa makan beberapa makanan yang disebut di atas, tetapi Anda harus memperhatikan porsinya.

Selain itu, merokok dapat berkontribusi pada kadar kolesterol Anda serta meningkatkan peluang Anda terkena kanker. Pasien kolesterol tinggi sangat jarang menunjukkan tanda-tanda peringatan, jadi penting untuk secara teratur memeriksa kadar kolesterol Anda. Bicaralah dengan dokter jika Anda khawatir dengan kadar kolesterol tubuh.