Menu

6 Cara Jitu untuk Mencegah Maag Kambuh, Wajib Dicoba Nih Moms

09 September 2021 14:15 WIB

Ilustrasi sakit maag (HelloSehat/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Maag adalah penyakit yang bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Penyebab maag kambuh pun biasanya muncul dari berbagai faktor. Gejala yang muncul pun biasanya ringan atau parah hingga bisa mengganggu aktivitas.

Beberapa gejala maag yang biasa timbul, seperti perut mulas, mual, kembung, adanya sensasi panas di dada hingga tenggorokan pun dikarenakan naiknya asam  lambung.

Namun, Moms jangan khawatir, karena maag bisa dicegah melalui beberapa cara jitu berikut, dilansir dari Hellosehat.com, Kamis (9/9).

1. Sering makan dengan porsi yang sedikit

Cara mengatasi maag yang bisa Moms lakukan adalah dengan selalu makan tepat waktu dengan porsi yang lebih kecil. Pastikan makan dengan perlahan serta kunyah makanan dengan baik dan pusatkan fokus saat porsi makan tidak berlebihan.

Cara ini cukup ampuh untuk mencegah maag kambuh karena bisa menghindari naiknya asam lambung akibat perut yang tak terisi makanan.

2. Jangan tiduran setelah makan

Beri jeda 2 atau 3 jam setelah makan. Ini bertujuan untuk mencegah asam lambung yang telah diproduksi, tak naik ke kerongkongan dan membuat maag kembali kambuh. Selain itu, usahakan jangan bergerak terlalu aktif karena bisa memicu kambuhnya gejala maag.

3. Batasi konsumsi makanan pedas, asam, dan berlemak

Cara berikutnya untuk mencegah kambuhnya maag adalah dengan menghindari atau membatasi makanan dengan rasa tertentu, seperti pedas, asam, dan gurih-gurih.

Makanan pedas yang mengandung capsaicin juga bisa mengiritasi lapisan perut atau lambung yang sudah terlukan.

Sama halnya dengan asam, dapat menciptakan lingkungan di dalam perut menjadi lebih asam.

Sedangkan, makanan gurih yang cenderung digoreng dan asin akan lebih lama dicerna di perut karena tinggi lemak. Semua makanan ini pun dapat memicu gejala maag bahkan dapat memperburuknya.

4. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Moms dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Ini berfungsi karena makanan ini mengandung bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus. 

Penyebab maag yang diakibatkan oleh infeksi bakteri pun bisa dilawan dengan mengonsumsi makanan dengan probiotik. Misalnya, yogurt rendah gula dan tempe.

5. Minum teh herbal

Di samping minum obat dari apotek, cara ampuh lain yang bisa membantu mengatasi maag adalah minum teh herbal, misalnya jahe atau chamomile kering.

Cara menyajikannya yakni merebus air dengan potongan jahe atau beberapa sendok makan chamomile. Setelah airnya mendidih, saring, dan sajikan dalam gelas. 

Bisa juga dengan menambahkan madu dan perasan air lemon agar rasanya lebih enak dan mual serta mulas yang Moms rasakan perlahan akan hilang.

6. Istirahat yang cukup

Salah satu cara mengatasi maag yang paling jitu adalah cukup istirahat. Pasalnya, terlalu memaksakan diri untuk terus bekerja saat maag terjadi, bisa membuat gejalanya jadi bertambah parah.

Hentikan semua aktivitas yang sedang Moms lakukan sejenak atau istirahat sampai kondisi tubuh pulih kembali. Istirahat dapat mengurangi stres, yakni pemicu maag.

Itulah beberapa cara jitu untuk mencegah maag kambuh. Semoga bermanfaat Moms!