Menu

Seger Abis! 6 Jus Buah Ini Ampuh Atasi Hipertensi

09 September 2021 22:30 WIB

Jus buah. (Freepik/detry)

HerStory, Sukabumi —

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. 

Tekanan darah tinggi dapat datang tak terduga dan secara cepat serta langsung berdampak saat itu juga. 

Maka dari itu sangat penting bagi penderita hipertensi untuk lebih memperhatikan gaya dan pola hidup sehat agar tekanan darah dapat terkendali, disamping adanya pemberian obat-obatan antihipertensi dari dokter. 

Penderita hipertensi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi asupan garam dan menggantinya dengan asupan buah yang kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium. Supaya tekanan darah tak meningkat atau terkontrol. 

Dengan begitu tak ada salahnya untuk mencoba 6 jus buah dibawah ini yang ternyata ampuh untuk mengatasi hipertensi. Minum jus juga membantu kita untuk mendapatkan khasiat dari buah secara praktis dan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. 

Tetapi, tak lupa untuk mengurangi atau bahkan tanpa menambahkan gula serta meminumnya bersama dengan ampasnya yang kaya akan serat dan vitamin.

Berikut diantaranya sebagaimana melansir dari berbagai sumber (9/9).

1. Semangka

Semangka memiliki kandungan L-citrulline dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan ini bisa membantu melebarkan pembuluh darah. Serta dibantu dengan kandungan lainnya seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh.  

2. Kiwi

Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi dalam sehari efektif dalam menurunkan tekanan darah yang lebih cepat. Hal ini dikarenakan kiwi mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium yang bermanfaat bagi tekanan darah.

3. Delima

Kalium, polifenol, dan efek anti-inflamasi yang dimiliki buah delima setelah ditinjau oleh peneliti ternyata efektif dalam menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

4. Beri

Senyawa flavonoid yang terkandung pada buah beri khususnya blueberry ternyata dapat mencegah tekanan darah tinggi. 

5. Buah Bit

Kandungan nitrat pada buah bit setelah dilakukan penelitian ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah.

6. Pisang

Pisang yang mengandung kalium mampu menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh sehingga tekanan darah pun dapat terkontrol dengan baik.