Menu

4 Makanan yang Jadi 'Musuh' Para Pengidap Penyakit Kelenjar Getah Bening, Awas Jangan Coba Icip-icip!

10 September 2021 11:45 WIB

Daging merah. (Unsplash/Sven Brandsma)

HerStory, Jakarta —

Bak musuh yang harus dijauhi, para pengidap penyakit kelenjar getah bening wajib banget menghindari mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Makanan memang bukan penyebab utama terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening, tapi bukan berarti semua makanan bisa dikonsumsi oleh pengidapnya lho ya.

Kelenjar getah bening nyaris tersebar di seluruh bagian tubuh. Tapi, dewasa ini sering ditemukan getah bening pada bagian leher. Baik area depan, belakang, maupun samping.

Kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan dikenal dengan istilah Limfadenopati. Umumnya, hal itu terjadi karena adanya inveksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pembengkakan kelenjar getah bening. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap penyakit getah bening agar kesehatan tetap optimal. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/9/2021), berikut empat jenis makanan yang perlu dihindari oleh para pengidap getah bening.

Makanan siap saji

Bagi para penderita kelenjar getah bening, haram hukumnya untuk mengonsumsi jenis makanan siap saji. Seperti yang disebut dalam laman The Healthy, sering mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko gangguan jantung hingga stroke.

Terlalu banyak makan makanan fast food juga akan mengubah cara kerja sistem imun. Di mana, membuat mereka selalu berada dalam keadaan waspada sehingga berpotensi membuat kelenjar getah bening selalu bengkak.

Makanan pedas

Makanan pedas juga dapat menjadi salah satu makanan penyebab kelenjar getah bening membengkak. Makanan yang terlalu pedas dapat membuat pita suara dan tenggorokan meradang atau iritasi.

Selain itu, makanan pedas juga dapat memicu asam lambung naik dan mengiritasi tenggorokkan dan juga juga lambung.

Protein hewani

Terlalu banyak mengonsumsi protein yang berasal dari hewan juga meningkatkan risiko kanker limfoma. Ini lantaran karena protein hewani mengandung banyak lemak jenuh. Jenis protein hewani yang di maksud adalah segaal jenis daging, telur, dan susu.

Gorengan

Memakan aneka jenis gorengan juga bisa menjadi penyebab getah bening bengkak karena memincu inflamasi. 

Minyak goreng yang terbuat dari jenis sayur dan beberapa jenis minyak nabati lainnya, mengandung asam lemak omega-6. Asam lemak omega-6 inilah yang digunkan tubuh untuk menghasilakan energi.

Namun, jumlah asam lemak yang enggak seimbang antara omega-3 dan omega-6 bisa memicu inflamasi yang berlebihan.

Untuk menghindari peradangan hingga pembengkakan kelenjar getah bening, konsumsi lebih banyak asam lemak omega-3, kurangi konsumsi makanan yang digoreng, serta jika gunakan minyak zaitun untuk memasak dengan suhu lebih rendah.

Artikel Pilihan