Menu

Waduh, Ternyata 4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Picu Kolesterol Lho! Kamu Sering Lakuin yang Mana?

10 September 2021 15:30 WIB

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (Pinterest/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Apakah Anda baru saja didiagnosis dengan kolesterol tinggi? Ini bisa membuat Anda merasa kecil hati dan takut, bukan? Nah, sangat wajar untuk merasa seperti itu karena penyakit apa pun, baik besar atau kecil, dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari dan kedamaian mental Anda.

Kini sebagian besar dari kita pasti sudah sangat familiar dengan istilah "kolesterol tinggi". Karena penyakit gaya hidup ini sudah menjadi sangat umum selama beberapa waktu terakhir.

Ketika kadar kolesterol jahat dalam aliran darah berada dalam kadar yang lebih tinggi dari biasanya, itu disebut sebagai "kolesterol tinggi" dan ini bisa menjadi penyakit yang sangat serius. Kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung fatal, obesitas dan penyakit lain yang dapat mengancam nyawa.

Kolesterol tinggi dapat dikendalikan dengan perubahan gaya hidup, seperti mengikuti diet sehat dan olahraga rutin, bersama dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Dilansir dari laman Boldsky (10/9/2021) berikut adalah beberapa kebiasaan buruk sehat yang harus Anda hindari, jika Anda memiliki kolesterol tinggi:

1. Mengonsumsi Lemak Sehat

Kebanyakan orang awam berpikir bahwa semua lemak adalah jahat dan tak sehat. Lemak identik dengan penambahan berat badan atau meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Namun, banyak yang tak menyadari bahwa tubuh membutuhkan lemak sehat agar dapat berfungsi dengan baik dan tetap sehat. Misalnya, lemak dalam pizza dan burger tidak sehat, tetapi lemak dalam alpukat, ghee, dan kelapa adalah lemak sehat. Jadi, menambahkan lemak sehat ke dalam diet Anda juga bisa menurunkan kolesterol tinggi secara alami lho.

2. Makan Daging yang Salah

Jika Anda adalah pemakan daging, yang hampir setiap hari mengonsumsi hidangan daging dan Anda telah didiagnosis menderita kolesterol tinggi, Anda harus segera melakukan perubahan tertentu dalam pola makan Anda.

Mengkonsumsi daging seperti daging sapi, babi, dll., dapat lebih meningkatkan kadar kolesterol Anda dan menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan. Anda bisa memilih daging tanpa lemak seperti ayam dan juga makanan laut, yang merupakan pilihan yang lebih sehat untuk kolesterol.

3. Mengkonsumsi Makanan Jenis Roti

Kebanyakan dari kita menyukai makanan seperti cake, cookies, white bread, dan lain sebagainya. Ternyata poduk-produk ini dibuat dari penggunaan ragi, gula, dan bahan olahan lainnya dalam jumlah tinggi.

Nah, bahan-bahan ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda, terutama jika Anda sudah menderita kadar kolesterol tinggi. Makanan roti dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda, bersama dengan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

4. Tak Berusaha Menurunkan Berat Badan

Kolesterol tinggi dan lemak tubuh tinggi adalah penyakit gaya hidup yang berjalan beriringan. Kolesterol tinggi dapat memicu kenaikan berat badan dan sebaliknya. Jadi, jika ingin menjaga kadar kolesterol tetap terkendali, Anda harus berusaha mengurangi berat badan dan kadar lemak tubuh dengan mengikuti diet ketat dan olahraga, setelah mencari bantuan dari seorang profesional!

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana