Menu

4 Menu Sarapan Ini Ternyata Bikin Ngantuk dan Malas Beraktivitas, Duh Harus Dihindari Nih!

17 September 2021 07:10 WIB

Ilustrasi wanita sedang makan roti dan secangkir teh. (Unsplash/Emily Bauman)

HerStory, Jakarta —

Sarapan di pagi hari menjadi hal yang enggak boleh dilewatkan sebelum mulai beraktivitas. Pasalnya, beraktivitas dengan membiarkan perut kosong hanya mengundang segudang masalah, terutama berkaitan dengan kesehatan.

Saat tidur, tubuh akan membakar kalori yang tersimpan, mengambil pasokan energi dalam tubuh. Oleh karenanya, sarapan sangat dibutuhkan sebagai sumber energi utama untuk beraktivitas.

Meski sarapan itu penting, tapi makanan yang disantap juga enggak boleh sembarang lho, Beauty. Pasalnya, ada menu sarapan tertentu yang justru mengundang rasa kantuk dan malas beraktivitas usai menyantapnya.

Melansir dari laman Eat This, Not That!, ini empat jenis makanan yang memicu rasa kantuk setelah menyantapnya.

Pancake

Pancake memang sering dijadikan menu alternatif untuk sarapan. Sayangnya, sarapan dengan pancake bukanlah pilihan menu yang menyehatkan. Pasalnya, sarapan dengan pancake hanya akan membuat ngantuk setelah memakannya.

Menu sarapan yang bikin ngantuk ini, mengandung 100 persen karbohidrat. Parahnya lagi, pancake enggak mengandung serat dan protein. Saat disantap, tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi gula dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Yoghurt beraneka rasa

Kombinasi yoghurt dan buah-buahan, mungkin terlihat sebagai menu sarapan yang sehat dan penuh gizi. Namun, rupanya jenis yaghurt yang kita pilih bisa memberikan dampak yang berbeda lho.

Yoghurt dengan varian rasa, cenderung sudah dicampur bersama siru[ jagung fruktosa dan kadar gula yang tinggi. Hal ini bisa menciptakan lonjakan energi sesaat lalu menurunkan aktivitas sel orexin yang berpengaruh terhadap semangat dan kesadaran.

Itulah mengapa, tubuh justru akan merasa lemas dan ngantuk walau hanya sarapan dengan yoghurt. Ketimbang pilih yoghurt yang berasa, yoghurt greek atau plan lebih baik untuk sarapan, Beauty.

Sereal

Siapa di sini yang hobi banget makan sereal di pagi hari? Meski praktis dan populer, makanan yang satu ini bisa menguras energi dalam tubuh lho, Beauty. 

Produk-produk sereal yang dijual di pasaran mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, gula, dan karbohidrat tinggi. Daripada membeli sereal olahan, lebih baik buat sendiri menu sereal yang terdiri dari campuran oatmeal, cincangan kacang, serta beberapa sendok kayu manis.

Sosis

Jenis menu sarpan terakhir yang bikin ngantuk adalah sosis. Kandungan lemak yang ada dalam olahan daging ini akan sulit dicern oleh tubuh. Di mana, membuatnya bekerja lebih keras dan menguras energi. Apalagi bila dikombinasikan bersama roti yang kaya akan protein, energi yang dibutuhkan untuk mencernanya pun semakin besar. 

Nah Beauty, itu dia jenis sarapan yang justru membuat ngantuk dan tubuh menjadi lemas.