Menu

Apa Benar Jamu Beras Kencur Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol? Ini Beragam Manfaatnya

20 September 2021 08:05 WIB

Ilustrasi jamu beras kencur (Freepik.com/jcomp)

HerStory, Depok —

Beras kencur merupakan bahan alami yang kaya manfaat bagi tubuh. Tak asing lagi jika beras kencur populer dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

Manfaat jamu tradisional ini didapat dari penggunaan kencur sebagai bahan utamanya. Kencur memang kerap dijadikan sebagai campuran untuk membuat jamu.

Rempah akar-akaran ini sudah dipercaya sejak lama untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Dengan meminum jamu beras kencur secara rutin diketahui punya banyak manfaat untuk kesehatan

Apa saja manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan? Berikut rangkuman informasinya.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Menurut penelitian, meminum jamu beras kencur secara rutin diketahui dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mengontrolnya agar tetap normal. Manfaat jamu beras kencur yang satu ini tentu membahagiakan bagi para penderita diabetes. 

Namun, tetap perhatikan jangka panjangnya, ya. Sebaiknya hentikan minum jamu beras kencur jika kadar gula darah sudah normal. Pasalnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keamanan mengonsumsi beras kencur dalam jangka panjang.

Membantu Meredakan Gejala Diare

Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa kandungan zat sitotoksik dan antibakteri di kencur dapat membantu meredakan gejala diare. Orang yang rutin dapat ekstrak kencur, gejala diarenya akan lebih cepat membaik. Sedangkan yang tak mendapat ekstrak kencur, cenderung akan terus memiliki gejala diare yang lama sembuh.

Meredakan Sakit Maag

Jika sedang merasakan sakit maag yang tak kunjung hilang, coba minum jamu beras kencur. Kandungan dari beras kencur diketahui bisa dengan cepat menurunkan kadar asam lambung. Ketika asam lambung normal, maka sakit maag akan segera reda.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat beras kencur berikutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh penyerapan makanan yang tidak sempurna di dalam empedu.

Beras kencur bisa efektif meningkatkan aliran empedu sehingga tubuh bisa melakukan penyerapan makanan dengan baik. Maka secara perlahan, kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang.

Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Manfaat jamu beras kencur lainnya yaitu membantu meningkatkan nafsu makan anak. Bila si kecil sedang susah makan, Moms bisa memberinya segelas jamu beras kencur hangat atau dingin. Cara ini sudah dipercaya sejak dulu, oleh karena itu jamu beras kencur ini sangat populer sampai saat ini.

Membantu Menyembuhkan Luka Persalinan

Proses persalinan dapat menimbulkan luka pada perineum atau jalan lahir. Robekan luka sering terjadi terutama pada persalinan pertama, dan tidak menutup kemungkinan akan terulang pada persalinan berikutnya.

Salah satu cara pemulihan lukanya yakni dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Jamu ini memiliki kandungan senyawa fenolik yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Nantinya, antioksidan ini akan bantu memperbaiki keadaan sel yang rusak. Konsumsi jamu beras kencur juga dapat memberi manfaat dengan mengurangi pegal pada otot-otot tubuh akibat mengejan saat proses persalinan.

Nah itulah beragam manfaat dari jamu beras kencur, tertarik mencobanya pagi ini Moms?