Menu

Dokter Zaidul Akbar Beber Tips Kecilkan Perut Buncit Dalam 7 Hari

20 September 2021 12:30 WIB

Ilustrasi perut buncit. (GenPI.co/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ini Tips Kecilkan Perut Buncit Dalam 7 Hari dari Dokter Zaidul Akbar, Ada Pola Makan Sehat ala Rasulullah juga!

Beberapa waktu terakhir banyak yang mengeluh mengalami kenaikan berat badan. Pasalnya selama pandemi COVID-19 aktivitas fisik jarang dilakukan karena harus berada di rumah saja.

Ketika berat badan  naik, tentu sangat rawan untuk mengalami obesitas. Hal ini perlu diwaspadai mengingat obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit, seperti diabetes hingga serangan jantung.

Tanda-tanda obesitas juga bisa dilihat dari ukuran perut yang mulai membuncit. Bukan hanya membahayakan kesehatan, perut buncit juga bisa mengurangi rasa kepercayaan diri.

Nah, jika kamu mengalami masalah perut buncit, Dokter sekaligus pendakwah Zaidul Akbar membeberkan rahasia perut mengempis dan kembali rata.

"Perut buncit itu muncul karena banyaknya lemak yang menumpuk. Nah masalahnya kita tak ngerti metabolisme glukosa itu seperti apa," ujarnya melalui unggahan video di channel youtube Bisikan.com.

"Glukosa kalau dimakan tak tercerna baik oleh tubuh jadi glikogen. Nah glikogen pun sama, jika tak tercerna baik, makan jadi lemak. Jadi nasi itu glukosa, tepung glukosa, gula pasir juga glukosa. Kondisi badan kita saat ini sudah penuh dengan glukosa yang sudah jadi lemak," sambungnya.

Kemudian Dokter Zaidul Akbar memaparkan cara mengecilkan perut buncit cuma satu, yakni dengan mengubah pola makan dan paling utama mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Selain itu, Dokter Zaidul Akbar memiliki resep yang dijamin ampuh bagi orang yang ingin mengecilkan perut buncitnya dengan mengikuti program Seven Day Challenge JSR.

"Program Seven Day Challenge JSR adalah pola makanan sehat ala Rasulullah. Selama tujuh hari anda coba hentikan dan hindari makanan seperti nasi putih, berbahan dasar tepung, gula dan makanan berminyak," ungkapnya.

"Jadi kalau kita mengenal konsep kaya gini tidak perlu pola-pola diet. Kurangi aja apa yang tadi saya bilang. Insya Allah karbon-karbonnya tadi nanti turun, cepat banget turunnya," tambahnya.

Adapun makanan maupun minuman yang dianjurkan Dokter Zaidul Akbar selama mengikuti program Seven Day Challenge Jsr diantaranya sebagai berikut.

1. Konsumsi air mineral sehari 2-3 liter.

2. Mengonsumsi sayur minimal 3 jenis, lebih dianjurkan sayur organik.

3. Semua olahan makanan harus dikukus, direbus, sangrai maupun dioven.

4. Dianjurkan dalam sehari mengonsumsi jus buah dan sayur. Terutama jus jeruk dan selendri maupun jus apel dan timun.

5. Mengonsumsi makanan dari bahan nabati seperti tempe atau kacang-kacangan.

6. Ganti nasi putih dengan nasi merah, ubi kentang dan singkong.

7. Ganti gula dengan madu atau buah-buahan yang manis.

8. Hindari semua produk tepung dan saat masak tidak boleh menggunakan micin atau penyedap rasa.

9. Pola makan ini tidak baik dilakukan oleh ibu hamil atau yang sedang menyusui, berat badan dibawah standar dan seseorang yang memiliki penyakit.

10. Pola makanan ini sebaiknya dikerjakan dengan dibarengi puasa senin dan kamis selama tujuh hari tersebut

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.