Menu

Mantap Betul! 16 Makanan Ini Bisa Pertajam Pendengaran Kamu Beauty, Apa Saja?

22 September 2021 10:05 WIB

Mendengarkan musik sambil belajar (Carrer Addict)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu punya kebiasaan mendengarkan musik menggunakan headset? Hati-hati lho ya, karena kebiasaan tersebut bisa memicu gangguan pendengaran, apalagi kalau volumenya terlalu kencang. Dan, bila sudah parah, tak hanya kemampuan untuk mendengar yang akan berkurang, tapi keseimbangan tubuh juga ikut terganggu, lho.

Nah, biar pendengaranmu tetap tajam, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan untuk mendukung kesehatan telinga ya, Beauty. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran, hingga beberapa jenis makanan lainya yang bisa kamu konsumsi secara rutin.

Fyi Beauty, makanan yang dapat mempertajam pendengaran dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Berbagai kandungan seperti kalium, folat, magnesium, zinc, mangan, vitamin D, vitamin B12, hingga omega-3 dapat meningkatkan fungsi pendengaran.

Berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/9/20201) tentang 19 bahan makanan yang bisa mempertajam pendengaran. Yuk simak, Beauty!

1. Bayam

Dikutip dari thenewyorkhearingcenter.com, magnesium yang ada pada bayam dapat membantu menjaga fungsi saraf dan melindungi sel-sel telinga bagian dalam.

Tak hanya itu, Beauty, magnesium juga dapat membantu meningkatkan aliran darah.

2. Brokoli

Brokoli juga kaya akan folat yang membantu melancarkan sirkulasi darah, menjaga sel telinga bagian dalam, mempertajam pendengaran, serta mencegah gangguan pendengaran lain.

3. Lobak

Tahu gak, Beauty, ternyata lobak juga kaya magnesium sehingga dipercaya bisa menjaga saraf telinga dan membantu memperlancar sirkulasi darah, lho.

4. Daun selasih

Daun selasih memiliki omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan telinga. Asam lemak omega-3 berperan untuk membantu menunda atau mencegah gangguan, serta mempertajam pendengaran, lho Beauty!

5. Kubis brussel

Jenis kubis ini mengandung folat yang akan membantu meningkatkan sirkulasi tubuh. Sirkulasi yang tepat bisa membantu menjaga sel-sel telinga bagian dalam tetap sehat. Asupan folat yang cukup dalam makanan dapat membantu mencegah gangguan pendengaran.

6. Sawi

Sawi mengandung magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi sawi secara rutin dapat membantu mencegah gangguan pendengaran serta dapat mempertajam fungsi telinga.

7. Kacang panjang

Fyi Beauty, kekurangan kalium jadi salah satu penyebab pendengaran kurang tajam. Nah, kandungan kalium ini bisa kamu dapatkan pada sayur jenis kacang-kacangan seperti kacang panjang.

8. Pisang

Makanan yang dapat mempertajam pendengaran selanjutnya adalah pisang. Hal ini berkaitan dengan kandungan kalium dalam pisang. Dengan mengonsumsi pisang, dapat membantu menjaga persediaan dan keseimbangan kalium di telinga bagian dalam, membuat pendengaran tetap tajam.

Selain itu, kandungan magnesium dalam pisang juga dapat memberikan perlindungan untuk melindungi sel sel halus pada telinga dalam, dan juga bisa melawan efek radikal bebas yang dipancarkan dari suara keras.

9. Jeruk

Jeruk merupakan makanan yang dapat mempertajam pendengaran yang juga menyehatkan tubuh. Vitamin C dan E pada buah ini berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan ekstrem, selain itu jeruk juga bisa menjaga telinga dari infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

10. Dark Chocolate

Dark chocolate merupakan sumber makanan kaya zinc, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan membantu melawan infeksi telinga.

11. Kacang Mede

Asupan zinc pada kacang mede dapat mengatasi kuman dan virus yang menyebabkan infeksi telinga. Kacang satu ini mengandung zinc sebesar 28 gram per ons, dan dapat memenuhi 15 persen dari kebutuhan harian tubuh.

12. Kangkung

Dilansir dari thenewyorkhearingcenter.com, kandungan folat pada sayur kangkung dapat membantu menjaga sel-sel di telinga bagian dalam.

Kangkung juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

13. Daun bit

Kebanyakan orang hanya mengonsumsi umbinya, padahal daun bit kaya akan kalium serta tinggi antioksidan. Daun bit akan membantu mempertajam pendengaran serta menjaga telinga dari gangguan.

14. Kentang

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institut Riset Pendengaran Universitas Michigan Kresge menemukan, orang-orang yang rutin mengonsumsi magnesium akan terlindungi dari gangguan pendengaran.

Nah, kentang menjadi salah satu makanan yang kaya akan magnesium. Dengan mengonsumsinya secara rutin, aliran darah akan terhindar dari penyusutan akibat kekurangan oksigen.

15. Jamur

Tahukah kamu, kekurangan vitamin D juga bisa mengganggu kesehatan tulang kita, tak terkecuali tulang mungil di telinga bagian tengah. Tanpa asupan vitamin D yang cukup, ketiga tulang telinga ini dapat melunak dan melemah, sehingga mempengaruhi ketajaman pendengaran.

16. Bawang Putih

Makanan untuk pendengaran berikutnya adalah bawang putih.

Bawang putih dipercaya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan peradangan, terutama di sekitar organ pendengaran, lho Beauty!

Semoga informasinya bermanfaat, ya!