Menu

Bukan Memperlancar Menstruasi, Konsumsi Air Kelapa Justru Miliki 5 Manfaat Ini Saat Menstruasi

22 September 2021 13:50 WIB

Seorang wanita sedang meminum air kelapa. (Freepik/anslla)

HerStory, Sukabumi —

Air kelapa merupakan minuman pengganti cairan dalam tubuh yang mengandung gula dan elektrolit.  

Kandungan kalium dalam elektrolit air kelapa setidaknya mampu memenuhi kebutuhan harian yang mencapai 15%. 

Namun, beberapa wanita justru enggan mengonsumsi air kelapa saat masa menstruasi. Lantaran air kelapa diduga dapat memicu darah menstruasi yang deras. Faktanya, hal tersebut keliru. 

Sebab hingga saat ini belum ditemukan penelitian terkait hal tersebut. Mengingat penyebab yang terjadi pada wanita pasti berbeda-beda.

Justru, air kelapa sejatinya memiliki banyak manfaat baik bagi wanita yang sedang menstruasi. 

Melansir dari laman klikdokter.com (22/9), berikut 5 diantaranya. 

1. Mengatasi Kram Perut

Kram perut saat menstruasi umumnya terjadi pada wanita. Penyebabnya ialah kadar kalium yang terlalu rendah. Sementara itu, air kelapa memiliki kandungan kalium sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi wanita yang sedang menstruasi.

2. Mencegah Dehidrasi

Wanita yang sedang menstruasi cenderung akan kekurangan cairan yang menyebabkannya mudah terkena anemia dan dehidrasi. Dengan mengonsumsi air kelapa, setidanya mampu memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar dapat terhindar dari anemia dan dehidrasi. 

3. Mengobati Sembelit

Air kelapa yang mengandung elektrolit tinggi dipercayai sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan sembelit yang sering menyerang wanita menstruasi. 

4. Menjaga Kestabilan Mood 

Mineral yang terkandung dalam air kelapa ternyata dapat mencegah masalah kesehatan mental sehingga dapat membantu kestabilan mood atau suasana hati wanita yang sedang menstruasi. Mengingat, saat menstruasi wanita cenderung memiliki mood yang up and down

5. Mencegah Migrain

Air kelapa yang memiliki kandungan magnesium juga dapat mencegah sakit kepala sebelah atau migrain. 

Nah, jadi gimana Beauty? Gak ada salahnya mengonsumsi air kelapa saat menstruasi. Justru air kelapa akan memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh. Selamat mencoba!

Artikel Pilihan