Menu

6 Sayuran Ini Ternyata Lebih Sehat Dimakan Mentah-mentah, Salah Satunya Brokoli

28 September 2021 11:00 WIB

Buah dan sayuran dalam kulkas (cheatsheet.com/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Sayuran umumnya diolah dengan cara dikukus, direbus, ataupun ditumis. Selain rasanya yang memang enak, sayuran juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Misalnya, dapat melancarkan pencernaan, melindungi kesehatan ginjal, menjaga kesehatan lambung dan juga bisa membuat kulit tampak lebih sehat.

Namun, ternyata tidak semua sayur harus diolah lho. Ada sayuran yang justru lebih sehat jika dikonsumsi mentah-mentah.

Berikut 6 sayuran yang lebih sehat jika dikonsumsi mentah-mentah, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021).

1. Wortel

Jenis sayuran yang aman dikonsumsi mentah pertama adalah wortel. Sayuran ini terkenal kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin B6, serat, beta karoten dan karbohidrat.

Jika kamu rajin mengonsumsi wortel kamu akan mendapatkan beberapa manfaatnya untuk kesehatan seperti dapat mencegah kanker, mencegah risiko terkena serangan jantung, dan juga kesehatan mata tentunya.

2. Kubis

Jenis sayuran yang aman dikonsumsi mentah berikutnya adalah kubis. Sayuran ini terkenal memiliki sifat melawan kanker. Hal ini tak lain kerena kubis memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin C dan K yang sangat baik.

Tak heran, kubis sudah dijadikan sebagai obat herbal sejak dulu. Misalnya saja di Yunani, yang menjadikan sayur kubis sebagai pencahar.

Sedangkan di Romawi Kuno menjadikan kubis untuk menyembuhkan mabuk. Jika ingin mendapatkan manfaat kubis, kamu bisa mengonsumsi kubis mentah bersamaan dengan perasan lemon, minyak zaitun, dan bawang putih.

3. Kale

Kale merupakan jenis sayuran yang aman dikonsumsi mentah. Sayuran hijau ini sangat tinggi vitamin C dan K, kalsium dan beta karoten, yang dipercaya dapat mengurangi risiko kanker payudara dan risiko degenerasi macula terkait usia.

Untuk mendapatkan nutrisinya secara utuh, kamu bisa mengonsumsi kale secara mentah sebagai campuran salad. Campurkan dengan minyak zaitun dan aduk sedikit dengan perasan lemon dan lada hitam, maka cita rasanya akan sangat nikmat.

4. Tomat

Biasanya tomat kerap digunakan untuk memasak atau membuat sambal, tapi tomat juga bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah karena tomat sebenarnya lumrah untuk dikonsumsi sebagai jus karena rasanya nikmat dan menyegarkan.

Tomat juga terkenal dengan kandungan vitamin C, folat, kalium, beta karoten hingga folat. Tak heran bila mengonsumsi tomat membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membersihkan kulit terhindar dari jerawat.

5. Brokoli

Sayuran berikutnya yang aman dikonsumsi mentah adalah brokoli. Brokoli mengandung lebih banyak vitamin C, kalsium, potasium, dan nutrisi lainnya daripada semua jenis sayuran lainnya.

Brokoli juga mengandung kadar sulforaphane, yang merupakan senyawa dikaitkan dengan penurunan risiko kanker serta penyakit kardiovaskular dan auto-imun. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengonsumsi brokoli mentah akan memudahkan penyerapan sulforaphane.

6. Selada

Sayuran berdaun hijau ini memiliki tekstur yang renyah. Selain itu, selada juga kaya nutrisi sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selada biasa dimakan mentah sebagai lalapan. Manfaat selada didapat karena adanya vitamin A, yang dapat mencegah penuaan dini hingga meningkatkan kesuburan.

Itulah 6 sayuran yang lebih sehat jika dikonsumsi secara mentah-mentah. Semoga bermanfaat Moms!