Menu

Segera Hindari Mengonsumsi Makanan Pedas Kalau Tak Mau Terkena 6 Penyakit Ini, Bahaya!

28 September 2021 11:45 WIB

Ilustrasi seorang wanita kepedasan. (Freepik/8photo)

HerStory, Bandung —

Makanan pedas kini memang menjadi rasa yang paling dicari oleh setiap orang ketika makan. Sensasi pedas yang membuat makan terasa lebih nikmat pun membuat orang semakin dapat menikmati makanannya.

Namun, kelebihan mengonsumsi makanan pedas juga sebenarnya tidak baik untuk tubuh lho. Kamu bisa merasakan mulas sesaat setelah mengonsumsi makanan pedas. Selain mulas ternyata ada 6 penyakit yang bisa kamu rasakan kalau mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan.

Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak 6 penyakit ini yang mungkin timbul kalau kamu mengonsumsi makanan pedas secara berlebiha, dilansir dari Halodoc, Selasa (28/9/2021).  

Nyeri Perut

Penyakit yang pertama kali muncul saat kamu mengonsumsi makanan pedas adalah nyeri perut. Hal ini bisa terjadi terlebih jika kamu memiliki maag, makan makanan pedas bisa memicu naiknya asam lambung. 

Ini karena mengonsumsi cabai terlalu banyak bisa membuat dinding lambut iritasi. Inilah yang memicu naiknya asam lambung secara cepat. Itulah alasan mengapa perut terasa nyeri setelah mencicipi makanan pedas.

Perut Mulas

Beberapa orang akan merasakan mulas setelah makan-makanan pedas. Hal ini karena makan makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare. Saat makanan pedas sampai di usus besar, efek iritasinya bisa langsung terasa. Kemudian, tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus, sehingga memudahkan feses keluar dari usus besar. 

Gastritis (Maag Akut)

Bahaya makan pedas terlalu banyak atau terlalu sering adalah dapat menyebabkan rapuhnya permukaan lambung, sehingga lambung menjadi mudah terluka. Karena itu, terlalu banyak makanan jenis ini bisa memicu terjadinya gastritis atau maag akut akibat terjadinya peradangan pada lapisan lambung. Gejala penyakit ini adalah mual, muntah, perut kembung, dan diare.

Refluks Asam

Untuk beberapa orang, bahaya makan pedas dapat memicu refluks asam yang merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa panas seperti terbakar pada saluran kerongkongan. Refluks asam ini bisa memicu sindrom Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), luka pada kerongkongan (esofagitis), juga atypical syndrome yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Insomnia

Saat kamu makan makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat. Itulah mengapa tubuh kamu berkeringat setelah makan makanan pedas. Studi yang dipublikasikan dalam The International Journal of Psychology menyebutkan bahwa bahaya makan pedas bisa melukai perut dan mengaktifkan hormon kimia yang bisa membuat kamu terjaga di malam hari.

Mengurangi Sensitivitas Lidah

Terlalu banyak makan makanan pedas bisa mengurangi sensitivitas lidah dalam mengecap rasa, bahkan bisa membuat sensitivitas lidah berangsur hilang. Jika sensitivitas berkurang, lidah tidak lagi berfungsi optimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang dapat ditolerir.

Itulah 6 penyakit yang mungkin akan kamu rasakan sesaat setelah mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Jangan terlalu berlebihan ya Moms!