Menu

8 Makanan dan Minuman yang Bisa Picu Batu Ginjal, Ada Daging dan Telur!

30 September 2021 09:15 WIB

Junk food. (Pinterest/freepik)

HerStory, Sukabumi —

Batu ginjal merupakan kondisi dimana adanya penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal. 

Penumpukan tersebut akhirnya akan membentuk sebuah kristal dalam organ ginjal dan terkadang bisa menimbulkan rasa sakit. 

Salah satu penyebab dari batu ginjal yakni bisa karena adanya bahan-bahan tertentu yang terkandung pada makanan dan minuman. 

Meski batu ginjal sudah diangkat, sebuah penelitian penyakit batu ginjal sekitar 50 persen akan kembali datang dalam kurun waktu 10 tahun. 

Oleh karena itu sebaiknya hindari atau konsumsi 8 makanan ini secara bijak dengan tak terlalu berlebihan yang bisa menyebabkan batu ginjal. Berikut diantaranya sebagaimana melansir dari laman klikdokter.com (30/9/2021). 

1. Teh Hitam

Kalsium oksalat yang banyak ditemukan pada teh hitam, 80 persen menyumbangkan pemicu dari terbentuknya batu ginjal. Sebab, batu ginjal bisa terbentuk lantaran urine terlalu banyak mengandung kalsium oksalat dan asam urat.

2. Makanan Asin

Kadar sodium yang tinggi pada makanan asin dapat memicu urine menghambat absorpsi kalium dalam tubuh karena adanya peningkatan natrium. 

3. Makanan Olahan

Makanan cepat saji, kalengan, dan dalam kemasan sejatinya mengandung sodium yang tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sodium yang tinggi bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. 

4. Tinggi Oksalat

Apabila dikonsumsi secara wajar, sayuran seperti bayam, kacang kedelai, ubi, tempe, dan tahu tentunya merupakan makanan yang sehat. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, zat oksalat yang terlalu tinggi dikonsumsi juga dapat memicu batu ginjal. 

5. Daging

Daging sebagai sumber protein hewani jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu batu ginjal jenis asam urat. Hal ini dikarenakan konsumsi daging yang berlebihan dapat menyebabkan urine menjadi asam khususnya bagi yang sudah memiliki riwayat batu ginjal.

6. Telur

Protein tinggi hewani pada telur juga bisa menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi secara tak wajar. Lantaran protein hewani umumnya tinggi akan purin. 

7. Minuman Soda

Kandungan asam fosfat yang tinggi pada minuman bersoda dapat memicu ginjal bekerja lebih keras untuk mengolahnya. Selanjutnya asam fosfat ini dapat bereaksi dengan kalsium penyebab batu ginjal. 

8. Pemanis Buatan

Pemanis buatan dapat ditemukan pada minuman maupun makanan. Pemanis buatan yang masuk dalam tubuh akan membuat ginjal bekerja ekstra untuk mengolahnya. Akibatnya dapat menimbulkan batu ginjal. Selain itu, pemanis buatan juga bisa menimbulkan kenaikan berat badan pemicu obesitas.