Menu

Miliki Kemanjuran yang Tinggi Tangkal Covid-19, Kenali Efek Samping dari Vaksin Spikevax

06 Oktober 2021 20:15 WIB

Ilustrasi vaksin jenis Sinovac. (Freepik/rawpixel.com)

HerStory, Sukabumi —

Vaksin Moderna yang sekarang dikenal sebagai vaksin Covid-19 Spikevax bisa menyebabkan efek samping lebih serius pada beberapa orang.

Tapi, perlu diingat bahwa vaksin Covid-19 Spikevax ini tak mengandung virus corona Covid-19, sehingga tak akan membuat Beauty tertular virus corona tersebut.

Vaksin Covid-19 Spikevax ini justru bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang bisa melawan virus corona Covid-19.

Sebagian besar efek samping vaksin Covid-19 biasanya akan hilang dalam beberapa hari, tetapi ada beberapa kondisi yang membutuhkan perhatian medis segera.

Vaksin Covid-19 Spikevax ini digunakan untuk mencegah virus corona Covid-19 pada orang dewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas. Vaksin Spikevax ini diberikan dalam 2 dosis dengan jeda pemberian antara dosis pertama dan kedua sekitar 28 hari.

Menurut studi klinis terbaru dilansir dari Express, vaksin Spikevax mungkin tidak sepenuhnya melindungi kita dari virus corona Covid-19 tapi cukup memiliki tingkat kemanjuran yang tinggi.

Meskipun sebagian besar efek samping dari vaksin Covid-19 ini akan hilang dalam beberapa hari. Tapi, ada beberapa efek samping yang butuh perhatian medis.

Umumnya, efek samping vaksin Covid-19 berupa sakit perut, pusing, mual dan muntah. Jika Beauty mengalami perubahan detak jantung, sesak napas atau mengi, maka harus konsultasi dengan dokter.

Selain itu, efek samping vaksin Covid-19 yang juga perlu diwaspadai termasuk pembengkakan bibir, wajah, lidah atau tenggorokan dan gatal-gatal atau ruam.

Jika Anda khawatir dengan efek samping yang dialami setelah mendapatkan vaksin Covid-19 Spikevax, lebih baik segera konsultasikan kondisi Beauty pada ahli medis.

Lihat Sumber Artikel di Himedik.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Himedik.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.