Menu

Segera Hentikan, Moms! Simpan Kentang Dalam Kulkas Ternyata Bisa Sebabkan Bahaya Ini

09 Oktober 2021 17:00 WIB

Kentang. (Freepik/Pinterest)

HerStory, Bandung —

Kulkas menjadi salah satu tempat penyimpanan makana yang dianggap bisa tetap membuat makanan awet dan tidak mudah busuk. Namun, ternyata, tidak selalu semua bahan makanan tersebut tetap terjaga kualitasnya, salah satunya pun kentang. 

Menyimpan kentang di dalam kulkas agar tetap awet dan segar justru tidak disarankan karena bisa menyebabkan bahaya bagi tubuh.

Diketahui bahwa menyimpan kentang apalagi yang sudah dipotong-potong bisa meningkatkan kadar akrilamida yang berkaitan dengan penyakit mematikan. Untuk lengkapnya, yuk simak penjelasan berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (9/10/2021).

Bahaya Menyimpan Kentang di Dalam Kulkas

Akrilamida dalam kentang  adalah senyawa yang terbentuk saat memasak makanan menggunakan suhu di atas 120 derajat Celcius.

Akrilamida dalam jumlah berlebih dikaitkan dengan risiko kanker walau riset lanjutan masih diperlukan.

Dosen teknologi pangan di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Rianita Pramitasari membenarkan bahwa kentang yang sudah dipotong-potong kemudian dimasukkan ke dalam kulkas bisa meningkatkan kadar akrilamida.

Dia menjelaskan, ketika kentang disimpan dalam suhu dingin, kandungan gula reduksinya akan meningkat.

Hal yang perlu diketahui, akrilamida itu merupakan senyawa yang terbentuk akibat reaksi antara gula reduksi dan salah satu asam amino yaitu asparagina dalam kondisi pemanasan seperti digoreng, dipanggang, atau dibakar.

Ketika seseorang mengonsumsi makanan dengan kandungan akrilamida yang tinggi akan berisiko menyebabkan kanker.

Perlu diketahui, istilah karsinogen berkaitan erat dengan kanker. Sederhananya, karsinogen adalah segala sesuatu yang dapat menyebabkan kanker. Sedangkan karsinogenik adalah sifat dari aktivitas zat tersebut untuk memicu pertumbuhan kanker.

Memang banyak orang yang menyimpan kentang di suhu dingin dengan alasan agar ketika digoreng ada tekstur renyah di luar tapi masih lembut di bagian dalamnya.

Untuk mendapatkan tekstur seperti ini, kata Rianita, memang caranya hanya dengan dibekukan.

Cara Menyimpan Kentang yang Benar

Rianita memberi saran, kentang yang belum dikupas kulitnya cukup disimpan di suhu ruang.

Sementara jika sudah dikupas, otomatis harus masuk ke suhu dingin. Jika ingin memasak atau digunakan, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kadar akrilamida-nya tidak tinggi.

Caranya bisa direndam dulu. Setelah kentangnya sudah dikupas, dipotong-potong (dari kulkas), sebelum digoreng direndam dulu pakai air itu sudah bisa mengurangi kandungan gula reduksinya.

Untuk merendam kentang yang baru keluar dari kulkas, menurut penelitian, disarankan sampai 90 menit.

Menurut penelitian yang dilakukan sejauh ini, hanya kentang yang dapat meningkatkan kadar akrilamida setelah disimpan di suhu dingin.

Namun Rianita menekankan, karena akrilamida terbentuk akibat reaksi antara gula reduksi dan asparagina, bahan makanan lain yang mengandung kedua senyawa itu juga berpotensi meningkatkan kadar akrilamida.