Menu

Khusus Penderita Hipertensi, Ini Cara Mengolah Jahe sebagai Obat Herbal Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

11 Oktober 2021 18:00 WIB

Jahe. (Pixabay/Joseph Mucira)

HerStory, Jakarta —

Tekanan darah tinggi disebut juga hipertensi sangat umum dialami oleh masyarakat zaman sekarang karena stres, pola tidur yang tak teratur dan mengonsumsi makanan yang kaya sodium. Tekanan darah adalah ukuran kekuatan darah yang mendorong dinding pembuluh darah. Jantung memompa darah ke dalam pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh tubuh.

Tekanan darah tinggi bisa berbahaya karena mengakibatkan jantung bekerja lebih cepat untuk memompa darah. Ini menyebabkan pengerasan pembuluh darah yang pada gilirannya menyebabkan, stroke, penyakit ginjal dan akhirnya, gagal jantung

Pembacaan tekanan darah memiliki angka atas (sistolik) dan bawah (diastolik). Pembacaan normal harus (120/80). Apa pun di atas itu dikenal sebagai tekanan darah tinggi.

Penyebab utama tekanan darah tinggi adalah merokok, obesitas, terlalu banyak garam dalam makanan, terlalu banyak konsumsi alkohol, stres dan sleep apnea. Banyak orang dewasa di seluruh dunia berurusan dengan hipertensi.

Ada beberapa cara untuk mengobati kondisi tersebut, termasuk perubahan gaya hidup atau obat-obatan. Beberapa obat herbal pada dasarnya membantu dalam mengobati tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah jahe.

Jahe membantu mengontrol tekanan darah karena terbukti meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah. Berikut ini beberapa rangkuman cara menggunakan jahe untuk menurunkan tekanan darah secara efektif tanpa efek samping berbahaya dari obat-obatan tradisional:

1. Teh Jahe dan Kunyit

Teh yang menyegarkan ini termasuk kunyit yang kaya akan kurkumin yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan melindungi jantung dari kerusakan akibat hipertensi.

Bahan-bahan:

1 kantong teh hijau, 1 sendok teh jus jahe, 1/4 sendok teh bubuk kunyit dan 1 sendok teh madu

Metode:

Seduh secangkir teh hijau biasa. Kemudian tambahkan jus jahe dan kunyit. Lalu tambahkan madu untuk rasa dan minum ini setiap hari.

2. Jahe, Bit, Seledri dan Jus Apel

Ramuan ajaib ini mengandung bit yang merangsang produksi oksida nitrat yang membantu dalam relaksasi pembuluh darah. Seledri mengandung potasium yang membantu menghilangkan kelebihan natrium dari tubuh. Apel mengandung quercetin yang dikenal dengan aktivitas anti-hipertensinya.

Bahan-baham:

1/2 inci jahe, 1 bit, 1 apel, 4 batang seledri

Metode:

Kupas jahe, bit dan apel, kemudian haluskan dalam blender bersama dengan batang seledri.

Saring cairan tersebut menggunakan saringan. Minum jus ini secara teratur.

3. Jahe Dengan Kapulaga

Penelitian telah menunjukkan bahwa kapulaga adalah agen anti-hipertensi yang sangat baik. Menggabungkannya dengan jahe akan memberi Anda hasil yang lebih cepat dan lebih efektif.

Bahan-bahan:

1 sendok teh kapulaga yang dihancurkan, 2-3 sendok teh jahe segar parut, 1 sendok teh hitam, 1 gelas air

Metode:

Rebus semua bahan di atas dalam secangkir air. Saring teh dan nikmati khasiat penyembuhannya. Anda bisa mempermanis teh ini dengan satu sendok teh madu.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana