Menu

Biar Gak Kambuh, Inilah 4 Menu Sarapan Enak untuk Penderita Maag

13 Oktober 2021 07:35 WIB

Roti. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Perut akan terasa nyeri dan enggak nyaman saat penyakit maag sedang kambuh. Makanya, para penderita penyakit maag enggak boleh telat makan dan tetap memerhatikan asupan yang dikonsumsi.

Kamu harus menerapkan gaya hidup serta pola makan yang sehat supaya penyakit maag enggak kambuh terus-menerus. Jangan lupa juga untuk selalu sarapan pagi dengan menu yang sehat.

Sudah tahu belum menu apa saja yang direkomendasikan untuk para penderita maag?

Berikut ini beberapa menu sarapan sehat dan enak untuk para penderita maag, seperti dikutip dari berbagai sumber (13/10/2021). Yuk, simak dan catat baik-baik, ya!

Buah-buahan

Buah-buahan memang sehat dan memiliki banyak manfaat untuh tubuh, makanya buah menjadi salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita maag.

Buah segar maupun beku dapat memberikan kontribusi serat dan antioksidan untuk tubuh. Beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi, di antaranya beri, apel, anggur, dan delima karena dapat menyembuhkan maag.

Sayuran

Seperti yang kita tahu, sayuran juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Warna varian sayuran, seperti sayuran hijau, sayuran merah, dan sayuran oranye terang cukup bagus untuk penderita maag.

Sayuran yang aman dikonsumsi, antara lain brokoli, kembang kol, dan kangkung. Sebab, sayuran tersebut mengandung vitamin dan antioksidan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit maag.

Roti

Salah satu menu sarapan yang cocok untuk penderita maag adalah roti, seperti gandum, quinoa, farro, dan millet. Roti menjadi sumber serat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Kamu juga bisa menambahkan topping kesukaan kamu di atas sehelai roti. Jadi, kamu bisa menikmati roti yang enak sesuai dengan seleramu. 

Protein tanpa lemak

Kamu juga perlu mengonsumsi makanan protein tanpa lemak, seperti daging tanpa lemak, yakni sirloin dan tenderloin. Selain itu, bisa juga kamu konsumsi ikan, telur, tahu, tempe, kacang kering, dan kacang polong yang mengandung protein rendah lemak.

Namun, enggak semua ikan baik bagi para penderita penyakit maag. Ada juga ikan yang mengandung lemak, seperti salmon, mackerel, dan sarden.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi supaya penyakit maag enggak kambuh lagi. Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita