Menu

Sering Dianggap Sepele, Stop 5 Kebiasaan Ini Kalau Tak Mau Terkena Diabetes!

13 Oktober 2021 11:30 WIB

Alat pengukur kadar gula darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Penyakit diabetes kini bukan menjadi penyakit yang asing bagi masyarakat. Penderita diabetes pun memiliki kondisi metabolisme tubuh yang abnormal.

Diabetes pun disebabkan karena adanya kadar glukosa dalam darah dan urin yang mengalami peningkatan yang disebabkan karena ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan hormon insulin.

Berikut beberapa kebiasaan kecil yang menjadi faktor penyebab diabetes, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021).

1. Terlalu sering mengonsumi teh manis

Mengonsumsi teh manis terlalu berlebihan dapat beresiko terserang penyakit diabetes. Sebaiknya kurangi jumlah gula ketika ingin mengonsumsi teh manis. 

Selain menghindari diabetes, mengurangi konsumsi gula juga dapat menghindari obesitas.  

2. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi para masyarakat. Namun sayangnya di balik dari kelezatan gorengan dapat menjadi salah satu pemicu kemunculan penyakit diabetes. 

Selain dapat menyebabkan penyakit diabetes ternyata gorengan juga dapat menimbulkan penyakit kardiovaskuler maupun stroke. 

Untuk itu, usahakan menghindari konsumsi gorengan secara berlebihan.

3. Terlalu sering makan camilan

Ngemil tidak tidak hanya menjadikan tubuh mengalami kegemukan atau obesitas saja. Akan tetapi terlalu sering ngemil juga dapat memicu kemunculan penyakit diabetes. 

4. Kualitas tidur yang buruk

Tubuh membutuhkan Tidur yang cukup supaya kualitas kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. 

Kemampuan dalam memproses glukosa akan mengalami penurunan secara drastis jika seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk selama 3 hari berturut-turut. 

Hal ini dapat menimbulkan penyakit diabetes yang semakin meningkat. Selain itu hormon pada darah juga dapat memicu pada nafsu makan.

5. Malas melakukan aktivitas fisik

Ketika tubuh minim dalam melakukan aktivitas fisik maka dapat meningkatkan penyakit diabetes dalam tubuh.

Itulah beberapa kebiasaan kecil yang mungkin kamu lakukan dan bisa menyebabkan diabetes. Untuk itu, tetap terapkan pola hidup yang sehat, ya!