Menu

Sering Merasa Lemas Saat Bangun Tidur? Wah, Ternyata Ini 3 Faktor Penyebabnya!

19 Oktober 2021 08:35 WIB

Ilustrasi bangun tidur dan mengucek mata. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apa kamu pernah merasa begitu lemas saat bangun tidur? 

Tidur seharusnya membuat tubuh merasa lebih segar dan bersemangat ketika bangun di pagi hari. Namun, ada beberapa orang justru merasa lemas setelah bangun tidur.

Hal tersebut tentu akan membuat kamu enggak nyaman dan malas melakukan aktivitas sehari-hari. Makanya, kamu harus mencari tahu apa penyebab mengapa seseorang lelah setelah bangun tidur. 

Melansir dari laman The Health Site (19/10/2021), berikut ini beberapa faktor penyebab yang harus kamu ketahui. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Kasur enggak nyaman 

Merasa lemas saat bangun tidur bisa disebabkan oleh kualitas kasur yang buruk atau kasur terlalu lunak. Selain itu, kondisi suhu ruangan juga penting diperhatikan. Kamar yang terlalu panas atau dingin bisa menyebabkan kamu lemas saat bangun tidur. 

Nah, supaya kamu bisa tidur lebih nyenyak, tempat tidur yang dingin lebih disarankan. Selain itu, kamu juga bisa coba tidur memakai kaus kaki. Fungsi memakai kaus kaki adalah membantu melebarkan pembuluh darah dan mengatur temperatur internal.

Cahaya biru

Cahaya biru adalah cahaya buatan yang memancarkan gelombang biru yang umumnya ditemukan dari layar gadget. Sebenarnya cahaya biru bukan hal buruk, tapi dapat meningkatkan kewaspadaan sebelum tidur.

Di dalam tubuh ada sebuah hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, namanya adalah melatonin. Masalahnya, cahaya biru dapat menekan melatonin sehingga membuatmu sulit tertidur nyenyak. Jika kamu sulit tidur nyenyak, tentunya kamu akan merasakan lemas saat bangun tidur.

Cara mengatasinya, kamu perlu menghindari penggunaan gadget dua hingga tiga jam sebelum tidur. Jika perlu, kamu bisa menggunakan lampu remang berwarna oranye atau kuning. Lampu tesebut baik digunakan karena tidak punya efek penekan melatonin.

Makan sembarangan

Jika sering merasa lemas saat bangun tidur, ada baiknya perhatikan apa yang kamu konsumsi sebelum tidur. Konsumsi kopi misalnya, dapat membuatmu sulit tidur karena kandungan kafein di dalamnya.

Untuk mengatasi kelelahan saat bangun tidur karena alasan ini, sebaiknya menghindari atau setidaknya membatasi konsumsi kafein sebelum tidur.

Selain kopi, juga perlu mengurangi konsumsi air karena tidurmu bisa jadi kurang nyenyak jika kamu sering terbangun di tengah malam untuk buang air kecil.

Nah, itulah tiga faktor mengapa kamu sering merasa lemas setelah bangun tidur. 

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan