Menu

Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!

19 Oktober 2021 12:00 WIB

Buah rambutan. (GenPI.co/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Siapa yang enggak tahu buah rambutan? Meskipun buah ini tumbuh secara musiman, tetapi banyak sekali orang yang menyukainya.

Selain memiliki rasa yang manis, ternyata buah rambutan juga berkhasiat lho. Usut punya usut, buah rambutan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tapi, ternyata buah rambutan memiliki manfaat lain yang enggak kalah mengejutkan.

Buah rambutan mengandung antioksidan, beberapa di antaranya merupakan karoten, xantofil, fenol, tanin, vitamin E, dan vitamin C. Kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah rambutan bisa meningkatkan imunitas.

Dengan begitu, enggak heran deh jika buah rambutan berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut diantaranya:

1. Menyeimbangkan Gula Darah

Jika tidak segera ditangani tentunya kadar gula darah yang tinggi akan menimbulkan efek samping yang dapat merugikan. Efek samping yang ditimbulkan seperti sering buang air kecil, berat badan cepat menurun, kerusakan pada jaringan saraf, dan berkurangnya penglihatan.

Agar terhindar dari hal tersebut, tentunya Kamu bisa menjaga pola makan yang sehat seperti menambahkan sayuran dan buah-buahan pada menu makanan.

Rambutan merupakan buah yang memiliki kandungan tinggi serat. Sehingga mengonsumsi rambutan adalah salah satu cara untuk memperlambat penyerapan gula pada aliran darah.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Serangan jantung seringkali datang secara tiba-tiba dan tidak memandang umur. Penyebab munculnya penyakit jantung disebabkan oleh dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan.

Vitamin C yang terdapat pada buah rambutan berperan penting dalam memperbaiki dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan. Sehingga serangan jantung dapat dicegah dengan baik.

3. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Rambutan merupakan buah dengan manfaat yang dapat dirasakan oleh orang yang mengalami gangguan pada fungsi ginjal ataupun ingin menghindari penyakit ginjal.

Ginjal merupakan organ yang menjadi tempat proses detoksifikasi, oleh karena itu organ yang satu ini harus selalu dalam kondisi sehat.

Rambutan ini juga mempunyai kandungan fosfor yang bertugas dalam menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh itu sendiri. Tidak hanya itu, kandungan mineral yang terdapat pada buah rambutan juga berfungsi untuk menjaga ginjal agar tetap bekerja dengan maksimal. 

4. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Manfaat yang terdapat pada rambutan yang utama merupakan untuk menjaga sistem kekebalan pada tubuh. Buah ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, mineral dan senyawa-senyawa lainnya yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Selain memiliki kandungan serat, rambutan juga memiliki kandungan vitamin C yang bertugas sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kamu dapat mengonsumsi 5 sampai 6 buah agar dapat memenuhi 50% kebutuhan vitamin C harian.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana