Menu

Jarang Disadari, 3 Sikap Orang Tua 'Demi Anak' Justru Bisa Membentuk Pribadi Egois Lho! Pahami Ini Moms

21 Oktober 2021 14:15 WIB

Ilustrasi anak mengalami separation anxiety disorder. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Setiap orang tua tentunya selalu ingin melindungi anak dan rela mengorbankan banyak hal demi anak. Namun jika berlebihan dengan alasan 'demi anak' justru dapat membuat anak tumbuh menjadi egois. 

Sikap tersebut secara tak sadar akan mempengaruhi tumbuh kembang anak menjadi pribadi yang egois karena segala keinginannya selalu diwujudkan dan membelanya dalam kondisi apapun. Bahkan mengganggu ketertiban umum. 

Lantas sikap atau perilaku apa saja yang secara tak sadar bisa membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang egois? Seperti dilansir dari unggahan @mamahtalks.id (21/10/2021), berikut 3 diantaranya.

Membiarkan Anak Melanggar Aturan

Melanggar aturan memang sulit dihindari oleh anak. Tetapi jika berdalih dengan 'namanya juga anak-anak' justru bisa membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tak memperdulikan lingkungan sekitarnya.

Berlebihan Membela Anak

Membela anak yang berbuat salah bukan berarti harus melindungi sampai tak menerima kesalahan yang dilakukannya. Membela anak salah satunya bisa dilakukan dengan cara memberikannya contoh dengan meminta maaf. 

Selalu Memberikan Kemudahan

Alih-alih memberikan yang terbaik demi anak, memberikan segala kemudahan baginya justru bisa membuat anak tumbuh menjadi pribadi egois. Hal ini dikarenakan anak menjadi tak belajar disiplin dan bertanggung jawab.