Menu

Sering Disepelekan, Ini 6 Ciri Kalau Ternyata Kamu Menderita Kolesterol

22 Oktober 2021 12:00 WIB

Ilustrasi nyeri leher saat WFH. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Gejala kolesterol sering kali datang dengan gejala yang dianggap penyakit biasa. Misalnya, sering mengantuk tiba-tiba. Gejala ini sebenarnya sering disepelekand an banyak orang tidak menyadari bahwa hal tersebut adalah gejala kolesterol.

Kolesterol sendiri bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. 

Kolesterol dalam kadar yang sesuai sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain dari itu, kolesterol juga dibutuhkan untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. 

Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka hal tersebut berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi.

Kolesterol dalam tubuh bisa dideteksi dengan pemeriksaan darah sederhana, hal ini bisa dilakukan setelah berpuasa 10 hingga 12 jam. Pada dasarnya, kolesterol dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi maupun pembentukan hormon.

Jika kadar kolesterol tinggi, dapat menimbulkan plak di jantung dan otak yang sangat berbahaya. 

Kira-kira apa saja yang menjadi tanda mengidap kolesterol? Berikut beberapa gejala yang mungkin terjadi pada tubuh, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (22/10/2021).

1. Rasa Berat di Tengkuk dan Pegal di Pundak

Gejala ini bisa terjadi karena suplai darah dan oksigen terhambat akibat penumpukan plak pada pembuluh darah.

2. Sering Sakit Kepala

Karena adanya peningkatan kolesterol menjadikan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Aliran darah yang mengalir ke otak terhambat

3. Cepat Mengantuk

Karena kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat sehingga seseorang cepat mengantuk. Jika tubuh sering merasakan 3L yakni lemah, letih dan lesu, ada baiknya segera memeriksa kadar kolesterol tubuh ya Moms!

4. Mudah Lelah

Apakah Moms pernah merasakan lelah padahal baru saja istirahat seharian? Ini mungkin bisa jadi salah satu tanda kolesterol Moms.

Orang yang mengalami kolesterol tinggi sistem vital tubuhnya terganggu sehingga mudah lelah. Terutama, jika Moms berusia di atas 30 tahun dan sering mengalami gejala ini segeralah periksa kesehatan Anda secara rinci.

5. Kesemutan

Hal ini terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar di bagian ektremitas, baik ekstremitas atas (tangan) maupun ekstremitas bawah (kaki).

6. Xanthelasma

Penderita kolesterol tinggi yang kronis juga menderita Xanthelasma (endapan kolesterol berbentuk noda kuning muda di tengah atau di ujung kelopak mata), xanthoma (benjolan padat pada tendon siku, tumit, atau lutut).

Itulah beberapa gejala yang mungkin menjadi tanda bahwa kamu mengidap kolesterol. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat ya Moms!

Artikel Pilihan