Menu

Waduh, 3 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Kamu Keracunan Lho, Hati-hati Ya!

22 Oktober 2021 14:35 WIB

Ilustrasi perut mulas. (Freepik/kroshka_nastya)

HerStory, Jakarta —

Beragam makanan yang lezat dan nikmat tentu menjadi favorit semua orang. Namun, ternyata makanan-makanan yang lezat bisa jadi pemicu bahaya kesehatan untukmu, lho.

Ada beberapa makanan yang berpotensi menjadi penyebab keracunan jika diolah dengan cara yang salah. Makanya, kamu harus berhati--hati jika mengonsumsi makanan.

Melansir dari berbagai sumber (22/10/2021), berikut ini beberapa makanan yang bisa jadi pemicu keracunan. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Telur

Telur dapat membawa bakteri Salmonella yang dapat mencemari kulit telur atau bagian dalam telur. Telur yang terkontaminasi itu bisa menjadi penyebab seseorang keracunan.

Untuk menggurangi risiko tersebut, jangan mengonsumsi telur dengan cangkang yang retak atau kotor. Jika memungkinkan, pilih telur yang dipasteurisasi atau sudah dipanaskan uuntuk membunuh kuman dan bakteri.

Unggas

Unggas, seperti ayam dan bebek yang dimasak setengah matang memiliki risiko tinggi menyebabkan seseorang keracunan makanan. Hal tersebut disebabkan oleh dua jenis bakteri, yaitu Campylobacter dan Salmonella

Bakteri itu sering mencemari daging unggas saat penyembelihan dan bakteri dapat bertahan sampai dimasak. Kalau cara masaknya salah atau merebusnya kurang lama, bisa jadi bakteri masih menempel pada unggas.

Kecambah

Kecambah juga menjadi pemicu risiko seseorang keracunan makanan. Sebab, kecambah tumbuh pada tempat yang lembap dan hangat.

Pasalnyam bakteri Salmonella, E. coli, dan Listeria dapat berkembang di lingkungan dan tanah yang lembap. Bakteri itu akan menyebabkan sakit perut.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membuat seseorang keracunan. Hati-hati, ya!