Menu

Nyesel Baru Tahu Sekarang, 10 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Picu Kanker Payudara! Ngeri…

26 Oktober 2021 13:35 WIB

Ilustrasi wanita mengenakan bra. (Pixabay/Foundry Co)

HerStory, Bogor —

Beauty, kanker payudara bisa menyerang siapa saja. Pemicunya pun bisa beraneka macam, termasuk gaya hidup kita sehari-hari. 

Namun ternyata, terdapat beberapa kebiasaan yang dianggap sepele tetapi justru menjadi penyebab munculnya kanker payudara, lho.  Karena tak sadar akan bahayanya, kebanyakan kita terus melakukannya setiap hari. Padahal, jika gak segera ditinggalkan kebiasaan ini akan terus menekan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Apa saja kebiasaan tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut HerStory rangkum ulasannya, yuk simak!

1. Makan pada tengah malam

Meski terlihat sepele, nyatanya buat kamu yang doyan makan saat tengah malam sebaiknya stop mulai sekarang ya! Sebab, glukosa yang dikonsumsi tubuh saat malam gak akan berubah menjadi energi karena sistem metabolisme tubuh yang lambat.

Akibatnya, glukosa yang tinggi dan menetap dalam tubuh dapat meningkatkan gula darah dan memicu kanker payudara. Duh!

2. Konsumsi pil KB

Sebuah penelitian yang diterbitkan Cancer Research pada 2014 menyebutkan bahwa wanita yang telah berumur 20 hingga 49 tahun yang mengonsumsi pil KB dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Alasannya, timbulnya risiko tersebut disebabkan oleh hormon estrogen pada pil KB yang berlebihan. Dengan begitu, risiko kanker payudara pun dapat meningkat. Alamak!

3. Minum alkohol

Ingat ya Beauty, minuman beralkohol menjadi salah satu pemicu munculnya kanker payudara pada wanita. Wanita yang minum alkohol setiap hari berisiko 7%-10% lebih tinggi dari mereka yang bukan peminum alkohol. 

4. Bekerja shift malam

Hati-hati buat kamu yang kerap bekerja shift malam, Beauty. Pasalnya, menurut studi yang diterbitkan British Medical Journal, bekerja shift malam juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Hal ini disebabkan oleh tekanan melatonin serta faktor-faktor lain, seperti gangguan tidur, kurang vitamin D, serta gaya hidup yang tidak sehat. Hal-hal ini menjadi satu keterkaitan yang memicu kanker payudara.

5. Memakai bra yang terlalu ketat

Beauty, mulai sekarang stop menggunakan bra yang ketat ya! Sebab, menggunakan bra yang terlalu ketat diketahui bisa meningkatkan risiko timbulnya kanker payudara. Alasannya, bra yang ketat diketahui akan menghambat aliran darah menuju ke payudara. Selain itu, menggunakan bra yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan nyeri punggung.

6. Tidur dalam keadaan televisi menyala

Apa hubungannya antara televisi menyala saat tidur dengan risiko kanker payudara?

Menurut penelitian pada jurnal Environmental Health Perspectives tahun 2010, cahaya artifisial yang dipancarkan dari layar TV selama kita tidur dapat mengacaukan hormon melatonin. Akibatnya, cahaya tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara dan juga kanker prostat.

7. Minum dengan botol plastik

Waduh, ternyata kebiasaan minum langsung dari botol plastik menjadi salah satu pemicu kanker lho Beauty. Ini karena botol tersebut mengandung bahan-bahan kimia, seperti BPA, yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh dan menyebabkan kanker payudara

8. Merokok

Seperti kita ketahu, merokok memang punya reputasi buruk terkait kesehatan. Ternyata, wanita yang memiliki kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko munculnya kanker payudara.

Gak hanya itu, jika kebiasaan ini gak segera dihentikan, maka dapat memicu terjadinya komplikasi penyakit lain saat pengobatan kanker payudara sedang dijalankan. Seram!

9. Makan junk food

Waspada ya Beauty, junk food atau makanan cepat saji mengandung pengawet yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, termasuk memicu kanker. Karena itu, perlu dibatasi konsumsinya, terutama untuk perempuan agar terhindar dari kanker payudara.

10. Stres

Penelitian dari National Cancer Institute menunjukkan stres tidak secara langsung menyebabkan kanker payudara, melainkan respon tubuh ketika stres, yaitu naiknya tekanan darah, kecepatan detak jantung, dan kadar gula darah. Stres juga memicu penderitanya melakukan perilaku, seperti merokok, minum alkohol, makan berlebihan di mana kebiasaan tersebut menyebabkan kanker payudara.

Nah Beauty, itulah beberapa kebiasaan sepele yang buruk dan dapat menyebabkan kanker payudara. Selagi masih sehat, jagalah kesehatan tubuhmu dan hindari hal-hal buruk yang bisa memicu penyakit.

Semoga bermanfaat!