Menu

Dahsyat! Cengkeh Campur Madu Khasiatnya Bikin Geleng-geleng, Cobain Deh!

26 Oktober 2021 19:40 WIB

Ilustrasi cengkeh (Freepik/KamranAydinov)

HerStory, Jakarta —

Cengkih atau cengkeh biasanya digunakan untuk bumbu masakan. Namun, ternyata cengkeh memiliki banyak kandungan dan manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Sekadar kamu tahu, dalam satu sendok teh cengkeh ternyata mampu memenuhi 30 persen kebutuhan mangan, 4 persen vitamin K, dan 3 persen vitamin C dari kebutuhan harian tubuh. 

Berikut ini beberapa khasiat yang bisa kamu rasakan saat mengonsumsi ramuan cengkeh, seperti dikutip dari laman sindikasi GenPI.co (26/10/2021). Yuk, catat, ya!

Mengatasi nyeri tenggorokan

Selain bisa membantu mengatasi batuk berdahak, efek antinyeri dan antibakteri pada cengkeh efektif untuk mengatasi nyeri tenggorokan. Manfaat air rebusan cengkeh yang satu ini bisa membantu menghilangkan sensasi gatal saat radang tenggorokan melanda.

Sebagai Antiseptik

Sifat antiseptik yang ada pada cengkeh bisa dimanfaatkan untuk mencegah infeksi.Oleskan minyak cengkih pada infeksi jamur, area tubuh yang memar atau luka. Nah, supaya enggak memicu iritasi, kamu bisa mencampurkannya dengan air.

Mengobati Sakit Maag

Sakit maag paling sering disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti, stres dan infeksi. Ternyata minyak esensial cengkeh ini dapat meningkatkan produksi lendir lambung.

Kegunaan cengkeh ini bisa berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

Melawan Radikal Bebas

Manfaat air rebusan cengkih lainnya bisa diperkaya oleh antioksidan eugenol. Air rebusan ini bermanfaat melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker.

Selain itu ada pula vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

Mengatasi Sakit Gigi

Cengkeh juga bisa mengatasi sakit gigi karena memiliki senyawa eugenol di dalamnya. Hal ini efektif mengatasi peradangan dan infeksi. Jadi, kamu bisa gunakan cengkeh untuk mengatasi sakit gigi yang kamu diderita.

Baik untuk Penderita Diabetes

Selanjutnya, manfaat air rebusan cengkeh bisa membantu kadar gula darah terkendali. Cengkeh diketahui mengandung senyawa yang disebut Nigericin. Senyawa ini membantu pengaturan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Nigericin ini dipercaya dapat meningkatkan kapasitas sel untuk menyerap gula dari darah kemudian meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan insulin.

Mencegah Ejakulasi Dini

Olahan cengkih juga bisa terpercaya mencegah ejakulasi dini. Manfaat air rebusan cengkih ini berguna sekali untuk para pria.

Untuk membuat ramuan biji cengkeh juga mudah, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan 11 biji cengkeh dan direbus dengan 250 ml air sampai mendidih.

Setelah itu, diamkan sampai hangat, kemudian ambil satu gelas dan campur dengan madu. Ramuan air rebusan cengkeh pun siap kamu nikmati. Kamu bisa mengonsumsinya selama tujuh hari, setelah itu minum kondisional sesuai kebutuhan.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan