Menu

Moms Wajib Tahu! Yuk Ikuti 6 Cara Berikut Ini Supaya Bekas Jahitan Pasca Melahirkan Cepat Kering

26 Oktober 2021 17:45 WIB

Ilustrasi Ibu Melahirkan (Freepik/Wavebreakmedia_micro)

HerStory, Sukabumi —

Pada beberapa ibu yang melahirkan secara normal, umumnya akan mengalami kerobekan (perineum) pada area antara kulit miss V dan anus untuk mempermudah proses persalinan. Sehingga meninggalkan bekas luka jahit. 

Sehingga kondisi tersebut cukup membuat Moms merasa kurang nyaman seperti terasa nyeri, bengkak dan memar di kandung kemih, juga miss V

Nah, supaya kondisi tersebut tak terus berlanjut, ada baiknya Moms mencoba beberapa cara berikut ini juga mempercepat proses penyembuhan. 

Berikut diantaranya sebagaimana melansir dari berbagai sumber (26/10/2021). 

1. Mandi Air Hangat

Supaya menghindari infeksi, sebaiknya Moms mandi dan membersihkan luka dengan air hangat setiap hari. Dan pastikan area luka benar-benar kering dengan cara menempuk luka secara perlahan menggunakan kain atau handuk.

2. Ganti Celana 4 Jam Sekali

Supaya area kewanitaan tetap kering, upayakan untuk sering mengganti celana dalam minimal 4 jam sekali supaya tak lembap. Serta gunakan celana dalam yang tak terlalu ketat ya, Moms. 

3. Kompres Dingin

Suhu dingin bisa meringankan bekas jahitan yang mengalami bengkak dan nyeri. Caranya dengan mengompres menggunakan es batu yang dibungkus kain selama 10 menit. Tak lupa setelahnya pastikan untuk mengeringkan bekas luka kembali. 

4. Bilas dengan Air Hangat

Tak cuma mandi, setelah buang air kecil juga Moms sebaiknya menggunakan air hangat untuk meredakan nyeri dan perih saat pipis. Serta dengan air hangat tersebut bisa sekaligus membersihkan area jahitan.

5. Konsumsi Banyak Serat

Umumnya setelah melahirkan, Moms akan kesulitan buang air besar selama beberapa hari bahkan bisa berujung sembelit. Jika dibiarkan, tentunya akan membuat Moms mengejan terlalu keras yang bisa saja berdampak pada jahitan yang lepas. 

Oleh karenanya, Moms bisa mengonsumsi banyak serat supaya buang air besar pun lancar dan terhindar dari jahitan yang lepas tersebut. 

6. Istirahat yang Cukup

Saat mendapatkan waktu yang senggang, sebisa mungkin Moms memanfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat. Dengan istirahat yang cukup, proses pemulihan pun bisa berangsur dengan cepat.