Menu

Jangan Salah Pilih! Ini Deretan Makanan yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Mental

26 Oktober 2021 15:48 WIB

Seorang wanita yang sedang duduk di bangku hitam (Unsplash/Anthony Tran)

HerStory, Bogor —

Beauty, persoalan kesehatan mental ternyata gak melulu soal terapi kejiwaan, lho. Apa yang kamu makan juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental.

Lantas, apa saja makanan yang baik serta yang buruk buat kesehatan mental. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya, Beauty!

1. Kacang dan biji-bijian bisa tenangkan pikiran

Menurut penelitian, biji-bijian adalah sumber yang kaya akan triptofan, asam amino yang membantu memproduksi serotonin (alias ‘hormon perasaan baik’). Serotonin membantu menenangkan pikiran, meningkatkan suasana hati, dan menjaga siklus tidur yang stabil.

2. Buah berries benteng depresi

Buah jenis berries seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry juga baik untuk kesehatan mental. Buah berries tinggi akan kandungan antioksidan. Adapun, antioksidan ini juga terbukti membantu memperbaiki gejala yang terkait dengan kecemasan dan depresi. Selain itu buah berries juga tinggi akan kandungan senyawa polifenol yang telah terbukti meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus.

3. Makanan kaya prebiotik dan probiotik baik untuk mental

Perlu kamu ketahui Beauty, ternyata makanan dengan sumber prebiotik dan probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus yang berpengaruh pada kesehatan mental, lho.

Adapun, beberapa makanan yang kaya akan prebiotik dan probiotik adalah miso, kimchi, kefir, kombucha, acar, tempe, dan yoghurt. Sedangkan makanan yang kaya prebiotik adalah kacang-kacangan, gandum,bawang putih, bawang bombay, beri, dan pisang. 

4. Kafein tingkatkan rasa gelisah

Kafein memiliki pengaruh langsung ke detak jantung. Sehingga jika mengonsumsinya secara berlebihan bisa membuat keadaan mental lagi gak baik malah menjadi makin buruk, Beauty.

5. Alkohol buruk untuk kesehatan mental

Mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol bisa berdampak buruk pada kesehatan mental. Sebab alkohol dapat mengganggu pola tidur, dan memengaruhi kemampuan untuk fokus.

6. Brokoli dan kale bantu redakan kegelisahan

Tak hanya sehat untuk tubuh, ternyata sayuran pun juga bisa meredakan rasa gelisah. Adapun sayuran yang layak kamu konsumsi antara lain adalah brokoli dan kale.

7. Rempah bantu kesehatan mental

Salah satu rempah yang bisa dicoba untuk bantu kesehatan mentalmu aadalah kunyit dengan sedikit lada hitam, Beauty,

8. Junk food perparah depresi

Ingat ya, Beauty, makanan seperti gorengan, makanan olahan, yang mengandung lemak trans, makanan tinggi garam, lemak jenuh, dan gula buatan bisa memperparah depresi, kegelisahan, dan stres. 

Nah Beauty, itu daftar makanan yang baik dan yang buruk untuk kesehatan mental. Semoga bermanfaat ya!