Menu

Waspada! 7 Penyakit Ini Bisa Dideteksi dari Bau Mulut, Termasuk Diabetes!

28 Oktober 2021 13:45 WIB

Ilustrasi bau mulut (Popsugar/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bau mulut biasanya menjadi salah satu tanda adanya kerusakan di dalam mulut atau pada gigi. Namun, ternyata enggak selalu begitu lho, Beauty.

Menurut sebuah studi, bau mulut bisa menjadi tanda adanya kanker lambung tahap awal. Enggak hanya itu saja, ada beberapa penyakit lain yang bisa ditandai dengan bau mulut.

Melansir dari berbagai sumber (28/10/2021), berikut ini beberapa penyakit yang ditandai dengan bau mulut dan harus kamu waspadai. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Alergi

Jika seseorang terkena alergi, tanda yang akan muncul biasanya gatal pada tenggorokan, hidung tersumbat, dan mata berair.

Namun, ternyata enggak hanya itu, alergi juga bisa ditandai dengan bau mulut. Saat alergi, sering kali mulut menjadi kering. Itulah yang bisa menyebabkan terjadinyaa bau mulut.

Penyakit gusi

Penyakit gusi akan menyebabkan penderitanya menjadi bau mulut. Hal tersebut dikarenakan adanya hubungan antara periodontitis dan gingivitis (radang gusi) dengan bau mulut.

Diabetes

Rupanya, penyakit diabetes juga bisa ditandai dengan bau mulut. Sebab, penderita diabetes mengalami produksi insulin yang enggak memadai. 

Hal tersebut dapat mengarahkan tubuh untuk membakar lemak. Kondisi ini akan berlanjut kepada peningkatan keton  dan tubuh akan mengeluarkannya lewat urin dan paru-paru. Itu bisa menyebabkan napas bau seperti aseton.

Kanker

Kanker dapat membuat napas penderitanya memiliki banyak komplikasi. Bau pada pernapasan dapat mengidentifikasi kanker pada tahap awal.

Gagal ginjal

Bau mulut dapat mengenali kemungkinan gagal ginjal. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan metabolisme yang menyebabkan mulut kering, kurang air liur, dan menurunnya indra pengecap.

Penyakit liver

Penderita penyakit liver juga mengalami bau napas yang disebut sebagai fetor hepaticus. Para peneliti menemukan bahwa bau mulut dapat mengindikasikan gangguan pada hati.

Asam lambung kronis

Naiknya asam dan bahan-bahan lain yang sudah dicerna ke dalam esofagus dan rongga mulut dapat menimbulkan masalah bau mulut. Makanya, para penderita asam lambung kerap kali memiliki masalah bau mulut.

Nah, itulah beberapa penyakit yang bisa ditandai dengan bau mulut. Waspada, ya!