Menu

Mantap! 5 Buah Ini Mujarab Bikin Kolesterol Ambrol, Cobain Deh!

29 Oktober 2021 19:45 WIB

ilustrasi buah-buahan (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang enggak sehat. Makanya, para penderita kolesterol harus bisa mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi.

Para penderita penyakit ini pasti akan mencari cara untuk menurunkan kadar kolesterol tingginya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolestero.

Berikut ini beberapa buah yang disebut-sebut bisa menurunkan kolesterol tinggi dan perlu kamu coba. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Apel

Apel menjadi salah satu buah yang bisa menjadi penurun kadar kolesterol. Apel mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan.

Terlebih, serat dari buah penurun kolesterol ini memberikan rasa kenyang yang lama, sehingga kamu dapat menghindari keinginan untuk makan makanan yang enggak sehat.

Alpukat

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Nutrition Journal menunjukkan selain memengaruhi kadar kolesterol, alpukat mampu memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama. Bahkan, rasa kenyang ini dapat bertahan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi.

Buah alpukat yang disebut-sebut bisa menjadi penurun kolesterol ini juga dapat menstabilkan kadar gula darah, lho. Perlu dicoba, nih.

Anggur

Penelitian yang terdapat di dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi anggur merah.

Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL serta trigliserida dalam darah.

Pepaya

Kolesterol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah.

Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase. Enzim ini yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah. makanya, buah pepaya dapat mencegah terjadinya plak yang menutupi pembuluh darah.

Jambu biji

Jambu biji juga menjadi buah pilihan yang bisa kamu coba untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Pasalnya, buah yang satu ini mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Nah, itulah beberapa buah yang dikenal ampuh menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Semoga bermanfaat, ya!

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.