Menu

Bisul Tak Kunjung Sembuh? Coba Pakai 4 Bahan Alami Ini yang Ampuh Redakan Nyut-nyutannya dalam Semalam

01 November 2021 10:30 WIB

Ilustrasi jerawat di punggung (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Bisul terkadang muncul dengan gejala nyeri dan gatal. Bisul pun sering diobati menggunakan salep khusus agar cepat hilang. Namun, terkadang salep tak mempan untuk meredakan bisul dalam semalam.

Untungnya, terdapat bahan alami yang bisa redakan bisul dalam semalam. Berikut adalah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk redakan bisul, dilansir dari berbagai sumber, Senin (1/11/2021).

Penyebab Bisul

Bisul biasanya disebabkan oleh Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan di kulit dan di dalam hidung. Benjolan terbentuk saat nanah terkumpul di bawah kulit.

Bisul terkadang juga dapat berkembang di tempat-tempat di mana kulit telah rusak oleh cedera kecil atau gigitan serangga, yang membuat bakteri Staphylococcus aureus mudah masuk.

Bila seseorang berkali-kali dihinggapi bisul atau sekaligus dalam jumlah besar, ada kemungkinan terdapatnya penyakit sebagai penyebab infeksi, seperti penyakit diabetes mellitus.

Obat alami untuk menyembuhkan bisul

Pada orang dengan daya tahan tubuh rendah, misalnya penderita flu, bisul dapat memicu komplikasi berbahaya, yakni keracunan darah (sepsis) akibat perbanyakan bakteri dalam darah.

Pada keadaan ini, penderita perlu berobat ke dokter. Sementera, untuk orang sehat, bisul hanya merupakan suatu infeksi yang merepotkan, bersifat menular tapi tidak berbahaya.

Berikut ini adalah cara mengobati bisul secara alami yang dapat dipraktikan di rumah:

1. Gunakan bubuk kunyit

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang keduanya dapat membantu menyembuhkan bisul dan membuangnya dengan cepat.

Bubuk kunyit telah digunakan sebagai pembersih darah alami selama ribuan tahun sebagai pengobatan timur.

Menariknya, kamu dapat memilih untuk menelan bubuk kunyit, menggunakannya secara topikal untuk mengobati bisul, atau keduanya.

Untuk mengonsumsinya, rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, dan minum 3 kali sehari setelah dingin.

Untuk menggunakannya secara topikal atau oles, campur kunyit dengan air dan atau jahe untuk membuat masker, dan oleskan ke bagian yang muncul bisul setidaknya 2 kali sehari.

2. Kompres air hangat

Melansir WebMD, kompres air hangat dapat mengurangi rasa sakit dan membantu menarik nanah ke permukaan atau keluar dari kulit.

Bisul dapat pecah dengan sendirinya setelah beberapa kali mendapatkan kompres hangat.

Ini biasanya terjadi dalam 10 hari sejak kemunculannya. Kamu dapat membuat kompres hangat dengan merendam kain cuci dalam air hangat, kemudian diperas.

Saat bisul mulai mengering, cuci dengan sabun antibakteri sampai semua nanah hilang dan bersihkan dengan alkohol untuk mengurangi risiko infeksi dan mempercepat pemulihan.

3. Gunakan minyak jarak

Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat. Senyawa ini bersifat anti-inflamasi yang kuat.

Minyak jarak juga memiliki sifat antibakteri yang kuat, sehingga membuatnya menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati bisul.

Oleskan sedikit minyak jarak langsung ke bagian bisul setidaknya 3 kali sehari sampai hilang.

4. Gunakan minyak mimba (neem oil)

Minyak mimba yang juga dikenal sebagai lilac India, memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang membantu mengobati infeksi kulit, termasuk bisul dengan cepat.

Untuk mengobati bisul dengan minyak mimba, oleskan minyak ini langsung ke bisul 3-4 kali sehari.

Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan tindakan pengobatan bisul ini.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk meredakan bisul. Selamat mencoba1

Artikel Pilihan