Menu

Niat Goyang Lidah Ternyata Biang Masalah, Ini Sederet Makanan yang Bikin Nyeri Asam Urat

01 November 2021 16:15 WIB

Ilustrasi kaki kesemutan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Tak ada obat khusus untuk mengatasi radang sendi akibat asam urat. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengelola agar tak menimbulkan gejala yang menganggu aktivitas.

Kelola gejala dapat mencakup perubahan gaya hidup, yang mungkin berarti menjadi aktivitas lebih aktif dan makan makanan yang lebih sehat.

Seperti diketahui bahwa beberapa makanan benar-benar dapat memicu peradangan. Jadi jika Anda memiliki diagnosis radang sendi, mungkin ada baiknya Anda mengurangi makanan ini berikut ini agar tak semakin memperparah kondisi:

Gula

Gula dapat ditemukan di hampir semua makanan. Padahal gula olahan dapat memicu peradangan, termasuk asam urat lho.

Satu studi dari American Journal of Nutrition menemukan gula olahan dapat memicu pelepasan sitokin, pembawa pesan yang menyebabkan peradangan.

Lemak jenuh

Makanan tinggi lemak jenuh, contohnya pizza dan keju, juga dapat menyebabkan peradangan. Beberapa penelitian telah menemukan lemak jenuh menyebabkan adiposa, jaringan lemak yang memicu peradangan.

Lemak Trans

Sekali lagi perlu ditekankan bahwa lemak trans adalah pemicu peradangan. Ini sudah dibuktikan dengan studi dari Harvard School of Public Health mengeksplorasi bahaya tingkat tinggi.

Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan cepat saji, gorengan, dan makanan olahan.

Karbohidrat olahan

Makan terlalu banyak karbohidrat olahan dapat memicu peradangan. Karbohidrat olahan seperti roti putih dan kentang putih, adalah makanan glikemik tinggi dan ini dapat mendorong produksi produk akhir glikasi lanjutan (AGE) yang merangsang peradangan.

Anda tak perlu mengurangi semua makanan ini sepenuhnya, tetapi hindari memakannya secara berlebihan untuk mengurangi risiko peradangan.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana

Artikel Pilihan