Menu

Jadi Doa Setiap Hari, Ini Cerita Kakak Allysa Soebandono Putuskan Murtad

01 November 2021 23:15 WIB

Annissa Soebandono, Alyssa Soebandono, dan Ananda Soebandono (Instagram/anandasoebandono)

HerStory, Bogor —

Kakak Allysa Soebandono, Ananda Soebandono, kembali tuai sorotan usai memutuskan meninggalkan Islam dan memeluk agama Kristen. Baru saja Ananda Soebandono menceritakan perjalanan hidupnya hingga akhirnya memutuskan pindah agama dalam YouTube Yusuf Manabulu.

Ananda mengaku memang dirinya mendapat tentangan dari keluarga karena dirinya memutuskan untuk pindah agama.

"Mereka langsung tidak terima, banyak penolakan tentunya. Perkataan dari keluarga saya, sangat menyakitkan hati saya. Mereka tidak setuju, sampai ada caci maki," kata Ananda Soebandono.

Namun dirinya sudah mantap keputusannya, Ananda akhirnya memilih untuk menjauh dari keluarganya. Terlebih sebelumnya orang tua dirinya mengatakan dirinya memilih jalan yang sesat.  

"Mereka minta bantuan orang pintar yang bilang kalau dia tidak bisa melihat saya karena hati saya gelap. Tapi saya percaya kalau orang pintar itu tidak bisa melihat saya karena ada Tuhan Yesus yang menolong saya. Saya percaya Tuhan Yesus baik," ungkapnya.

Terpikir untuk nekat dibaptis tanpa restu orang tua, Ananda diminta untuk tetap menemui ayah dan ibunya. Nanda pun meminta bantuan Alyssa untuk bisa dipertemukan tepat di hari ulang tahun sang ibu.

"Saya minta bantuan Icha untuk ngobrol sebagai keluarga, adik saya mau membantu. Lalu tibalah hari ulang tahun ibu, saya pulang ke rumah orang tua. Sebelum saya masuk, saya berdoa agar pembicaraan malam ini semua mendengarkan dengan kepala dingin, tidak ada caci maki, tidak ada kata-kata kasar, tidak ada penolakan," ungkapnya.

Tak disangka saat pulang ke rumah, ia malah disambut baik sang ibunda. Air mata Nanda pun tidak bisa terbendung. Ananda mengatakan ibunda lari menghampirinya dan memeluk dengan hangat. 

"Ibu saya bertanya, 'Kamu ke mana? Mama nyariin kamu, kamu sehatkan?' Seperti kata-kata ibu yang rindu. Saya menangis, lalu saya datang ke ayah saya dan salim," katanya.

Setelah mendapat restu dari kedua orang tuanya, Ananda mengatakan bahwa dirinya benar-benar percaya pada Tuhan Yesus. 

"Saya memutuskan untuk mau dibaptis untuk meneguhkan dan menunjukkan kalau saya benar-benar percaya Tuhan Yesus," ungkap Ananda Soebandono.

Ananda mengaku setelah ia dibaptis, dirinya semakin percaya bahwa Tuhan selalu bersama dengannya di manapun dan kapanpun.

"Saya semenjak percaya dengan Tuhan Yesus saya sudah siap untuk memikul salib, apapun itu dari proses prosesnya. Dari hati saya pun, pikiran saya, saya percaya Tuhan tuh selalu bersama-sama saya. Dari saya nerima Tuhan Yesus saya sudah siap untuk mikul salib," ungkapnya.

Namun, banyak orang yang menduga Ananda Soebandono bakal pindah agama lagi. Hal ini lantaran banyak sekali fenomena selebriti yang suka pindah agama.

"Itu doa saya dan istri saya setiap hari. Jadi tiap hari 'Tuhan kuatkan hati saya dan istri saya untuk selalu berada di jalan Tuhan, bisa memberkati orang-orang" ujar Ananda.

"Dan juga saya percaya kok kalau kita semakin kuat imannya, saya yakin hati kita tidak akan lengah pak, tidak akan berpindah hati. Itu yang saya rasakan tiap harinya pak," pungkasnya.

Artikel Pilihan