Menu

Gak Perlu Repot, Kunyit Ternyata Bisa Atasi Asam Lambung dan Maag

02 November 2021 11:45 WIB

Kunyit untuk menghilangkan jerawat (HonestDocs/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Begitu banyak rempah-rempah yang bisa kita manfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Indonesia yang kaya akan rempah, bisa membantu kita untuk mendapatkan obat dengan mudah, misalnya kunyit.

Kunyit sendiri dikatakan bisa membantu penderita asam lambung dan maag menghilangkan rasa sakitnya. 

Dilansir dari Healthline, kunyit adalah bahan alami yang banyak mengandung senyawa antiperadangan dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda, kunyit dipercaya bisa mengobati nyeri haid, radang sendi, sampai menjaga kesehatan pencernaan. 

Beragam manfaat kunyit untuk kesehatan tersebut terkait dengan kandungan zat curcumin di dalam rempah berwarna kuning ini. Curcumin adalah jenis antioksidan polifenol. Antioksidan ini bertindak sebagai agen antivirus, antibakteri, dan potensial sebagai zat antikanker. 

Hal ini membuat kunyi sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Berikut adalah penjelasan cara mengonsumsi kunyit untuk obat maag dan asam lambung, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (2/11/2021).

Cara Mengonsumsi Kunyit untuk Obat Maag dan Asam Lambung

Maka ketika gejala maag kambuh, tak ada salahnya menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya. Maag dapat muncul dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. pylori, konsumsi obat antinyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanan tertentu.

Berbagai hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.

Penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek curcumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

Sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

Selain itu, kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut sehingga membuat perut tak lagi kembung.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Minum Kunyit untuk Asam Lambung dan Maag

Sebelum menggunakan kunyit untuk asam lambung, pastikan penderita penyakit asam lambung sudah berkonsultasi dengan dokter, terutama bagi pemilik penyakit penyerta.

Pasalnya, kunyit merupakan zat pengencer darah alami.  Kamu tidak disarankan mengonsumsi kunyit apabila sedang minum obat pengencer darah atau akan menjalani operasi.

Kunyit juga dapat menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan terkadang menimbulkan efek samping pada penderita kandung empedu.

Ibu hamil dan menyusui ada baiknya tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan.  Jika kamu sedang menjalani pengobatan apa pun, bicarakan dengan dokter sebelum menjajal cara mengobati asam lambung dengan kunyit di atas.

Artikel Pilihan