Menu

Gak Cuma Baik untuk Kesehatan Mata, Ketahui Sederet Manfaat Wortel Berikut Ini, Cocok buat Penderita Hipertensi!

02 November 2021 15:00 WIB

Sayur wortel. (Unsplash/Sandie Clarke)

HerStory, Sukabumi —

Wortel kerap disandingkan sebagai sayuran yang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan mata. Lebih dari itu, wortel ternyata baik bagi penderita hipertensi

Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan gizi. Tak cuma vitamin A yang baik bagi kesehatan mata, wortel juga mengandung antioksidan yang tinggi dan baik bagi tubuh. 

Kandungan gizi dan nutrisi pada wortel diantaranya serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 B2 B3, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga dan zink. 

Melihat kandungan gizinya yang tinggi, lantas apa saja manfaat wortel selain baik untuk kesehatan mata? Melansir dari berbagai sumber (02/11/2021), berikut ini sederet manfaat dari wortel. 

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Berkat kandungan kalium, antioksidan dan seratnya membuat wortel menjadi salah satu sayuran yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Ini dikarenakan kalium mampu mengontrol tekanan darah dan serat juga antioksidan yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat.

Menurunkan Risiko Kanker

Wortel mengandung antioksidan berupa karoten dan likopen serta asam fenolat, vitamin A, vitamin C juga antosianin yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas pemicu kerusakan sel yang berpotensi menyebabkan penyakit kanker. 

Mengontrol Tekanan Darah dan Gula Darah

Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk mengontrol tekanan darah karena mengandung serat, kalium dan antioksidan yang lengkap sehingga baik bagi penderita hipertensi.

Bahkan sayuran yang satu ini juga baik untuk penderita diabetes dengan mencegah terjadinya resistensi insulin sehingga kadar gula darah tetap bisa stabil. 

Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan beta karoten sebagai antioksidan pada wortel mampu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel-sel otak. Dengan begitu, rutin mengonsumsi wortel sama dengan menjaga kesehatan otak untuk mencegah penurunan fungsi otak. 

Artikel Pilihan