Menu

4 Fakta Anak Pertama, Bener Gak Sih?

03 November 2021 17:05 WIB

Ilustrasi anak yang serius. (Unsplash/Jerry Wang)

HerStory, Jakarta —

Urutan anak dalam sebuah keluarga biasanya memiliki karakter dan kepribadiannya masing-masing. Anak pertama atau anak sulung identik dengan kepribadian yang kuat dan sifat kepemimpinannya.

Selain itu anak pertama juga disebut mempunyai keunikan dan kelebihan tersendiri.

Bukan menjadi rahasia lagi, jika kelahiran anak sulung sering kali menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Itulah salah satu alasan mengapa anak sulung sangat istimewa.

Di bawah ini ada beberapa fakta menarik anak pertama yang dikutip dari Suara.com, Rabu, (02/11/2021). Kira-kira apa saja ya?

1. Menjadi pemimpin

Jika mempunyai adik, anak pertama akan menjadi panutan untuk adik-adiknya. Jiwa kepemimpinan muncul karena terbiasa dengan tanggung jawab. Itulah sebabnya, dalam sebuah komunikasi si anak sulung akan terlihat paling menonjol dalam kepemimpinannya.

2. Belajar

Menjadi anak yang dilahirkan pertama kali, maka kamu akan banyak belajar dari pengalaman hidup sendiri. Kemudian baru membagikan pengalaman tersebut kepada adik-adik agar tidak mengalami hal yang sama seperti dirinya. Anak pertama memang lahir sebagai pembelajar alami.

3. Bekerja keras

Pada umumnya, kebanyakan anak pertama memang cenderung berorientasi pada prestasi. Punya adik membuatmu lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orangtua. Jadilah sebagai anak pertama, kamu akan bekerja keras untuk membuat orangtua terkesan. Hal ini akan terus terbawa hingga dewasa.

4. Bertanggung jawab dalam mengambil keputusan

Sebagai anak pertama, cenderung menuruti apa yang dikatakan oleh orangtua atau sosok lain yang punya kuasa. Inilah yang membuat mereka terbiasa untuk memenuhi tanggung jawab, terutama dalam hal mengambil keputusan.

Itulah empat fakta menarik tentang anak sulung, bagaimana menurutmu?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.