Menu

Khasiat Dahsyat Daun Sirsak, Bisa Mengontrol Gula Darah Moms!

03 November 2021 20:15 WIB

Buah sirsak (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sirsak merupakan buah tropis yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Buah ini juga kerap dijadikan sebagai pilihan pengobatan secara alami.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, daun sirsak mampu menangkal radikal bebas sampai mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Enggak hanya dagingnya, daun sirsak rupanya juga memiliki beragam manfaat. 

Dilansir dari laman Suara.com, (03/11/2021), berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Penangkal radikal bebas

Sejumlah kandungan antioksidan pada daun sirsak mulai dari luteolin, tangerine, dan quercetin, memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas bagi tubuh.

Adanya radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko kerusakan sel hingga memicu timbulnya beragam penyakit, mulai dari jantung, diabetes, sampai kanker.

Meringankan insomnia

Kesulitan tidur di malam hari, dapat berdampak buruk untuk kesehatan jangka panjang maupun aktivitas di hari selanjutnya.

Dengan mengkonsumsi daun sirsak, otot-otot yang semula tegang dapat menjadi lebih rileks karena daun sirsak berfungsi sebagai penenang.

Pengontrol gula darah

Daun sirsak juga menjadi pengobatan alami bagi penderita diabetes. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan mulut

Sifat bakterisidal serta fungisidal pada daun sirsak dipercaya mampu menghambat pertumbuhan Candida albicansStreptococcus mitis, dan Porphyromonas gingivalis pada area mulut.

Bakteri-bakteri tersebut dapat dilawan dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan acetogenin pada daun sirsak dipercaya mampu menghambat pertumbuhan beragam sel kanker seperti kanker prostat, paru-paru, payudara, dan beberapa jenis sel kanker lain.

Enggak hanya sel kanker, acetogenin juga diketahui mampu menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap Adriamycin, salah satu jenis obat untuk kemoterapi.

Meredakan peradangan

Peradangan merupakan respons imunal dalam tubuh yang terjadi karena cedera. 

Meski masih dalam penelitian terbatas, daun sirsak diketahui ampuh untuk mengobati beberapa jenis peradangan, seperti radang sendi. 

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya