Menu

Anak Senang Berbicara Kasar? Begini Cara Mengatasinya, Jangan Dibiarkan Moms!

05 November 2021 18:15 WIB

Ilustrasi anak sedang membantah ibunya. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Anak adalah peniru yang ulung, ia akan merekam segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya mau yang baik atau yang gak baik.

Umumnya pada anak usia prasekolah ia belum memahami benar arti kata yang diucapkan, apakah kata tersebut pantas atau gak pantas diucapkan.

Terlebih bila orangtua kedapatan mendengar anak sering berbicara kasar atau mengumpat, tentu hal ini membuat ibu berpikir dari mana ia mendaptkan kosa kata tersebut.

Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua untuk mengatasi anak yang senang berbicara kasar? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan catat ya moms!

Tetap tenang dan jangan berlebihan

Rasa kesal dan ingin memarahinya memang wajar. Daripada melakukan itu, sebaiknya moms bisa berikan penjelasan padanya bahwa kata itu gak baik dan gak perlu diucapkan lagi.

Jika moms bereaksi berlebihan, anak akan merasa senang karena berhasil mendapat perhatian. Hal ini tentunya akan berakibat anak akan menjadi sering berkata kasar untuk mendapat perhatian lebih.

Sebisa mungkin dampingi anak ketika bermain

Langkah yang baik adalah mengawasi dan mendampingi anak saat bermain, sehingga moms bisa membatasi pengaruh buruk seperti kata-kata kotor yang mungkin didengar anak.

Bila anak bertanya makna kata tersebut, jelaskan bahwa kata tersebut kata yang gak pantas untuk diucapkan.

Buat janji

Jika anak masih senang bicara kasar, langkah yang ditempuh dengan memberikan hukuman yang telah disepakati bersama. 

Namun, jangan lakukan hukuman fisik.

Berikan pujian

Berikan pujian pada anak ketika ia berhasil menjauhi kata kasar, ini merasa ia diperhatikan dan dihargai.

Batasi main gawai

Enggak hanya dari lingkungan, kata-kata kasar juga bisa didapat dari gadget. Gak sedikit acara TV, konten YouTube, dan media sosial yang mengandung kata-kata kasar.

Sebab itu, moms harus membatasi anak bermain gadget atau moms juga bisa mendampingi anak ketika main gadget.

Artikel Pilihan