Menu

Tangan Sering Merasa Kebas dan Mati Rasa? Masalah Kesehatan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

08 November 2021 09:15 WIB

Pijat tangan dan jari. (Pixabay/andreas160578)

HerStory, Depok —

Tangan memiliki saraf sentuhan yang paling sensitif dan langsung terhubung ke otak sebagai penerima sinyal. Menurut Rob Danoff, direktur pengobatan keluarga di Philadelphia Aria Health System mengatakan jika salah satu bagian saraf terjepit atau rusak, maka sinyal ke otak akan terganggu ketika menerima info sensorik yang dikirimkan tangan.

Sehingga tangan terasa mati rasa termasuk jari-jari tangan. Rupanya, tangan yang tiba-tiba saja merasa mati bisa jadi salah satu sinyal tubuh mengalami masalah kesehatan. Berikut beberapa penyebabnya.

Saraf Terjepit

Carpal tunnel syndrome atau saraf terjepit termasuk salah satu penyebab tangan mati rasa yang paling umum. Kondisi ini terjadi saat saraf medianus terjepit, yaitu saraf yang melintang dan melewati pergelangan tangan yang berbentuk terowongan carpal.

Kondisi ini menyebabkan kesemutan, mati rasa, atau rasa sakit yang menusuk di sepanjang pergelangan tangan hingga lengan atas. Biasanya bagian jempol, jari tengah, telunjuk, dan area telapak tanganlah yang paling sering terasa nyeri.

Kista Ganglion

Kista ganglion adalah benjolan nonkanker yang bisa terbentuk di semua bagian tubuh. Namun biasanya, kondisi ini muncul di sekitar sendi atau selubung penutup tendon (jaringan yang menghubungkan otot ke tulang).

Umumnya, kista ganglion muncul di bagian atas pergelangan tangan, sisi telapak pergelangan tangan, pangkal jari di sisi telapak, dan bagian atas sendi ujung jari. Kista berbentuk bulat dan berisi cairan seperti jeli.

Kista ganglion bisa membuat tangan terasa sakit jika menekan saraf di dekatnya. Selain rasa sakit, kondisi ini juga terkadang membuat tangan mati rasa.

Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit yang menyerang sel-sel saraf pusat, terutama di bagian otak, sumsum tulang belakang, dan saraf mata. Salah satu gejala multiple sclerosis yang muncul ialah tangan yang mati rasa.

Umumnya kondisi muncul di usia 20 hingga 30an. Wanita memiliki risiko dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Gejala lain yang biasanya muncul yaitu lemah otot dan penglihatan yang ganda.

Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid bisa menyebabkan tangan mati rasa. Ketika gangguan ini tidak diobati, maka hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada saraf yang membawa informasi antara otak dan sumsum tulang belakang.

Selain tangan mati rasa, tubuh akan menunjukkan berbagai gejala lainnya seperti rambut rontok, kenaikan berat badan, merasa dingin terus menerus.

Gejala Stroke

Saat tangan sering mengalami kesemutan dan mati rasa di tangan, Moms perlu waspada. Pasalnya hal ini bisa menjadi sinyal tubuh yang menandai penyakit stroke.

Stroke adalah kondisi saat suplai darah ke otak terganggu sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi yang bisa menyebabkan sel tak berfungsi. Selain tangan yang mati rasa, gejala lainnya yang menyertai yaitu pusing, pandangan kabur, pengucapan yang takjelas, dan garis senyum yang tak simetris.

Kerusakan Saraf Akibat Alkohol

Menurut National Library of Medicine, Amerika Serikat, kecanduan alkohol dapat menyebabkan kerusakan saraf. Biasanya, orang-orang yang mengalami kecanduan alkohol mengalami berbagai gejala seperti lemah otot, kejang, serta mati rasa di lengan dan juga kaki. Gejala negatif ini akan muncul jika sudah kecanduan alkohol dalam jangka waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa penyakit yang menyebabkan tangan sering kesemutan secara tiba-tiba. Jika merasa salah satu tanda diatas sebaiknya segera periksakan kesehatan.

Artikel Pilihan