Menu

Duh, Ternyata Ini 4 Bahaya Minum Setelah Makan Jika Tak Diberi Jeda! Hindari Ya Beauty...

09 November 2021 10:30 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang minum air hangat. (Unsplash/engin akyurt)

HerStory, Bandung —

Biasanya, setelah makan kita akan selalu mengambil minum agar bisa menghilangkan rasa haus. Ini sering jadi kebiasaan setiap orang ketika mereka selesai makan.

Namun, ternyata kebiasaan ini bahaya lho. Kira-kira kenapa ya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Bahaya Minum Setelah Makan

1. Perut kembung dan mulas

Minum air segera setelah makan akan mencairkan asam di lambung kita, membuatnya lebih sulit untuk mencerna makanan, dan mudah menyebabkan perut kembung dan mulas. Kebiasaan ini juga menyebabkan perut terasa penuh sehingga menyebabkan ketidaknyaman. Selain itu kebiasaan ini juga membuat tubuh kita menyerap lebih sedikit nutrisi karena kualitas makanan berkurang, yang memengaruhi sistem pencernaan yang menyebabkan sembelit atau masalah usus.

2. Lemak

Banyak orang akan terkejut mengetahui bahwa kebiasaan minum setelah makan dapat meningkatkan risiko obesitas.  Alasannya adalah bahwa air dapat menunda pencernaan, membuat makanan yang tidak tercerna tinggal lebih lama di usus dan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

3. Sembelit

Minum air segera setelah makan juga akan menyebabkan makanan menjadi tidak sepenuhnya tercerna. Jumlah makanan yang tidak tercerna ini kemudian masuk ke usus besar, menyebabkan sembelit. Jika terulang, ini akan menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya.

4. Asam lambung naik

Makanan yang sulit dicerna akan membutuhkan lebih banyak asam lambung, menghasilkan asam lambung berlebih. Ketika ini sering terjadi, lapisan perut akan terkikis menyebabkan sakit perut.

Itulah beberapa bahaya jika minum setelah makan tanpa jeda. Oleh karena itu, minum perlahan ya Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan