Menu

Anak Gak Bisa Lepas dari Gadget? Awas, Gejala Nomophobia!

10 November 2021 17:15 WIB

Ilustrasi anak bermain gadget. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Gak jarang untuk membuat anak betah dan tenang para orang tua membiarkan anak bermain gadget, jika hal ini terlalu sering dilakukan bisa berakibat anak menjadi kecanduan gadget. Bila hal itu terjadi, orang tua harus hati-hati bisa jadi nomophobia.

Nomophobia ialah gangguan mental yang membuat penderitanya sulit jauh dari gadget. Bisa terjadi pada anak maupun dewasa, penderita nomophobia akan merasa cemas bila gak memegang gadget.

Mengutip dari Himedik.com, sebuah studi yang terbit di Indian Journal of Psychiatry mengungkapkan bahwa nomophobia atau yang disebut no mobile phone phobia, merupakan jenis gangguan kecemasan akibat nggak bisa jauh dari ponsel.

Layaknya seorang pecandu, seseorang yang sulit pisah dengan gadget, pada akhirnya bisa mengalami beberapa gangguan, mulai dari cemas, khawatir, ketakutan, sehingga ini bisa mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Menurut Psikolog Anak Diana Rahma, M. Psi., mengatakan, jika anak sudah pada tahap adiksi gadget dan gak nyaman tanpa pegang gadget, anak mengalami rasa cemas berlebihan.

“Sedikit-dikit sensitif, emosi, baperan, bahkan terlihat dari tampilan fisik seperti mulai dari menggigit kuku atau jari jika gak pegang gadget,” ungkapnya dalam acara Wake Up Dhuafa bertajuk Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Dan Remaja, Kamis (4/11/2021).

Kecemasan nggak memegang ponsel memang gak tercantum dalam panduan DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders). Namun, para ahli kesehatan menyebutkan, kondisi ini merupakan kategori penyakit mental, khususnya bagi orang yang kecanduan terhadap gadget.

Diana pun mengungkap ciri-ciri dari Nomophobia yang terjadi pada anak, yaitu:

- Hal yang langsung dicari saat bangun tidur, salah satunya gadget.

- Gak bisa melewati hari tanpa gadget.

- Cemas saat daya baterai gadget lemah atau mati daya.

- Selalu ingin memeriksa gadget.

- Membawa gadget ke manapun pergi.

Lihat Sumber Artikel di Himedik.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Himedik.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.