Menu

Faktor Perbedaan Usia Mempengaruhi Sikap Kakak ke Adiknya, Jangan Heran Ya Moms

10 November 2021 18:15 WIB

Ilustrasi saudara kandung (Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Memiliki anak lebih dari satu kerap menjadi impian sebagian besar orang tua karena bisa membuat rumah menjadi lebih hangat dan ramai. Namun, ada yang menjadi pertimbangan saat mempersiapkan kehamilan baru, yakni sikap sang kakak ke adiknya. 

Sejatinya tak ada acuan yang pasti mengenai jarak ideal antara kakak dan adik. Pasti akan selalu ada kelebihan dan kekurangannya. 

Maka dari itu, sangat penting bagi para orang tua untuk membangun hubungan yang baik antara kakak dan adik. Karena hal tersebut juga bisa menentukan sikap keduanya. 

Melansir dari berbagai sumber (10/11/2021), berikut ini sikap yang umum dijumpai pada anak pertama ke adiknya berdasarkan perbedaan usianya. 

Jarak Usia 1 Tahun

Perbedaan usia yang sangat dekat ini selain kerap dianggap 'sekaligus capek' dalam mengurus anak, umumnya sikap anak pertama belum memiliki rasa cemburu yang terlalu tinggi.

Serta terbukti memiliki peluang bertengkar yang minim karena kakak akan menganggap adik sebagai teman bermain. Juga menjadikan keduanya menjalin kekompakan sampai usia remaja.

Jarak Usia 2 Tahun

Moms jangan heran jika memiliki anak yang terpaut dua tahun dimana sang kakak yang kerap membuat Moms merasa pusing dengan tingkah lakunya. Lantaran di usia ini ia sudah mulai belajar mengenal emosi sehingga menaruh rasa cemburu pada sang adik. 

Jarak Usia 3 Tahun ke Atas

Pertengkaran yang sangat minim diantara kakak beradik bisa ditemukan pada perbedaan jarak usia diatas 3 tahun. Hal ini dikarenakan kakak sudah mulai belajar mandiri dan peka untuk menjaga adiknya.

Namun bisa saja kakak berlagak seperti 'Bos' karena merasa sudah bisa bahkan adik yang iri juga cemburu melihat kakak sudah bisa melakukan banyak hal. 

Kendati begitu, peran orang tua juga sangat besar dalam membentuk karakter dan sikap anak. Sehingga, usahakan untuk memberikan waktu dan perhatian yang sama baik pada kakak maupun adik ya, Moms.