Menu

Anak Kedua Arif-Tipang Sudah Punya Gigi saat Baru Lahir, Berbahayakah Natal Teeth Itu?

12 November 2021 09:15 WIB

Mecca, anak kedua Tiara Pangestika dan Arief Muhammad. (Instagram/tiarapangestika)

HerStory, Sukabumi —

Arief Muhammad dan Tiara Pangestika dikaruniai buah cinta yang kedua pada tanggal yang cantik yaitu 11-11-2021. Tapi ada sesuatu yang menarik perhatian dimana anak keduanya yang baru lahir itu sudah memiliki dua gigi. 

Cantik nan menggemaskan, anak kedua selebgram dan pengusaha Arief-Tipang lahir dengan dua gigi yang sudah tumbuh. Hal tersebut tentunya cukup mengejutkan dan menarik perhatian ya, Moms. Pasalnya, gigi pertama bayi biasanya baru tumbuh di usia 6-8 bulan. 

Kondisi yang dialami Mecca (anak kedua Arief-Tipang) disebut Natal Teeth atau gigi natal. Seperti dikutip dari laman Hermina Hospital (12/11/2021), kejadian gigi natal sangat jarang terjadi. Perbandingannya 1:2.000-3.000 dari kelahiran bayi. 

Gigi natal termasuk ke dalam kelainan gangguan pertumbuhan dan perkembangan gigi. Gigi natal ditandai dengan ukuran yang lebih kecil, berwarna kekuningan, dan belum memiliki akar gigi sehingga mudah goyang. Sebab gigi natal hanya berpegang pada tepi gusi. 

Meski tergolong langka, kondisi ini umumnya tak berbahaya. Namun terdapat beberapa kondisi yang bisa mengganggu Moms dan bayi. Seperti risiko tersedak saat menyusui, risiko puting terluka, enggan untuk menyusu, bahkan bisa lepas sendiri dan tertelan oleh si bayi. 

Sehingga dapat memicu bayi tersedak bahkan kesulitan bernapas. Menilik pada risiko tersebut, Arief-Tiara juga memutuskan untuk mencabut gigi natal anak keduanya.

Hingga saat ini penyebab belum ditemukan penyebab pasti mengenai gigi natal pada bayi. Tak jarang, ada yang menganggap karena ibu yang kelebihan kalsium saat hamil. 

Melansir dari laman Healthline, terdapat beberapa kondisi medis tertentu yang bisa memicu tumbuhnya gigi natal pada bayi seperti.

  1. Soto's syndrome, pertumbuhan fisik anak tumbuh lebih cepat dibandingkan usianya karena kelainan genetik.
  2. Hallerman-Streiff syndrome, kelainan bawaan yang mempengaruhi pertumbuhan tulang (termasuk gigi) dan rambut.
  3. Ellis van Creveld syndrome, kelainan pada kromosom. 
  4. Pierre Robin syndrome, kelainan bawaan sejak lahir karena adanya gangguan perkembangan organ tubuh sejak dalam masa kandungan. 

Namun bisa jadi kondisi gigi natal bisa terjadi karena adanya faktor genetik dan posisi sel-sel pembentuk gigi yang terlalu dekat dengan gusi. 

Cenderung tak berbahaya, gigi natal tak membutuhkan perawatan khusus. Seperti merawat gigi bayi yang baru tumbuh, Moms bisa membersihannya dengan menggunakan kain kasa yang sudah dibasahi terlebih dulu secara rutin. 

Tapi, jika bayi lahir dengan gigi natal yang sama sekali tak memiliki akar atau goyang dan ingin menghindari risiko yang telah dipaparkan diatas, lebih baik untuk dicabut.

Tentunya dengan konsultasi terlebih dulu bersama dokter ya, Moms.