Menu

4 Peran Penting Ayah yang Bukan Cuma Sekadar Kasih Nafkah bagi Keluarga, Apa Saja?

12 November 2021 15:15 WIB

Peran ayah yang tak cuma sekadar memberi nafkah. (Freepik/tirachardz)

HerStory, Sukabumi —

Sosok ayah kerap dikaitkan sebagai pemimpin keluarga dan menafkahi keluarga. Sejatinya ayah juga memiliki peran penting lainnya dalam keluarga. 

Memang peran utama ayah merupakan pemimpin keluarga yang akan dimintai pertanggungjawabannya sampai akhirat nanti. Pemimpin yang dimaksud bukan berarti ayah bisa sesuka hati memerintahkan segala urusan diluar mencari nafkah dikerjakan oleh ibu. 

Ayah juga berperan untuk mendidik anak karena merupakan teladan dan pelindung dalam keluarga. Serta membantu mengurusi pekerjaan rumah lainnya. 

Meski padatnya urusan pekerjaan untuk menafkahi keluarga, ayah juga harus meluangkan waktu bersama keluarga agar hubungan yang baik dan harmonis. Ayah juga memiliki peran dan kedudukan penting dalam berbagai urusan lainnya seperti dilansir dari berbagai sumber (12/11/2021)

1. Teladan Keluarga

Memiliki peran sangat penting sebagai pemimpin keluarga menjadikannya sebagai teladan keluarga. Ayah akan menjadi panutan dalam segala hal baik oleh istri maupun anak-anak. 

Teladan disini dimaksudkan juga bahwa sosok ayah sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter anak yang baik. Maka dari itu, mendidik anak merupakan kewajiban bersama bukan ibu saja.

2. Mencari Pendamping Baik bagi Anaknya

Jodoh sejatinya memang sudah ditentukan oleh Tuhan, kendati begitu ayah tetap memiliki peran untuk mencarikan pendamping yang baik khususnya bagi anak perempuanya. Hal ini bertujuan agar anak-anaknya memiliki keluarga yang lebih baik dari segala hal. 

Maka dari itu penting juga bagi ayah untuk selalu bisa meluangkan waktu bersama anak seperti bermain dan bercanda.

Hal ini bertujuan agar ayah bisa mengenali lebih dalam lagi karakter anak seperti apa sehingga ayah bisa membantu anak untuk menentukan pilihan hidupnya yang baik.

3. Pelindung Keluarga

Peran penting ayah yang lain adalah sebagai pelindung keluarga. Ayah harus selalu siap siaga melindungi keluarga dari segala marabahaya.

Tak cuma itu, ayah peran pelindung keluarga juga berlaku pada emosional keluarga seperti jangan terlalu ketat dan membatasi keluarga.

4. Membantu Pekerjaan Istri

Ayah mungkin sangat sibuk dalam urusan pekerjaan untuk menafkahi keluarga yang lebih baik lagi. Kendati begitu ayah juga harus turut membantu pekerjaan istri dalam urusan rumah apabila memiliki waktu luang.

Ingat, baik bekerja untuk urusan finansial dan urusan rumah keduanya sama-sama melelahkan. Tapi jika dikerjakan bersama tentunya akan meringankan satu sama lain.