Menu

Jangan Asal Seduh, 6 Hal Ini Penting Diketahui Moms Saat Bikin Susu Formula

15 November 2021 12:15 WIB

Ilustrasi susu formula. (Freepik/netrun78)

HerStory, Sukabumi —

Moms, membuatkan susu formula untuk si kecil enggak cuma sekadar menyeduhkannya saja, lho. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar si kecil mendapatkan manfaat dengan optimal. 

Sebagian Moms mungkin ada yang harus memberikan si kecil susu formula karena kondisi tertentu. Meski sejatinya ASI merupakan makanan terbaik untuk si kecil.

Kendati begitu Moms enggak perlu berkecil hati, adanya susu formula yang sudah terjamin akan nutrisi baik tetap bisa didapatkan oleh si kecil.

Tentunya diperlukan perhatian lebih pemberian sufor ini, enggak sekadar menambahkan susu pada sebotol air lalu diberikan ke si kecil. 

Nah, supaya Moms enggak keliru lagi sewaktu membuatkan sufor untuk si kecil, simak 6 hal penting berikut ini seperti dikutip dari berbagai sumber (15/11/2021) ya, Moms!

1. Hindari Mencampur Air Panas dan Dingin

Cara membuat susu formula yang benar yakni dengan menyeduh air terlebih dulu sampai berada di suhu 70 derajat. Bukan mencampurkan air panas dan dingin untuk mendapatkan air hangat yang tepat. Selain itu hindari juga penggunaan air dari dispenser ya, Moms. 

Tujuannya air harus matang dengan sempurna dan terhindar dari bakteri serta menjaga kandungan gizi dan vitaminnya. Moms bisa menggunakan cara menaruh botol susu di wadah dingin atau air mengalir untuk menurunkan suhu susu yang masih panas.

2. Menyentuh Ujung Dot

Alih-alih susu tercampur, menyentuh ujung dot saat menyiapkan susu untuk si kecil bisa meninggalkan bakteri. Sebaiknya gunakan tutup botol lalu kocok perlahan untuk memastikan susu larut. 

3. Sufor Hanya Tahan 2 Jam

Meski merupakan susu instan, susu formula hanya tahan maksimal selama 2 jam lebih dari itu sebaiknya langsung dibuang. Selain sudah dingin jadi kurang nikmat untuk si kecil, susu formula tak memiliki sel hidup. Sehingga lebih berisiko terkontaminasi oleh bakteri patogen. 

4. Ikuti Petunjuk Kemasan

Moms jangan malas untuk membaca petunjuk pada kemasan susu formula si kecil, ya. Hindari menambahkan atau mengurangi barang hanya sedikit saja ketika membuatkan susu. Sebab bisa mempengaruhi takaran dan nilai gizinya.

5. Menghangatkan Tak Lebih dari 10 Menit

Ketika si kecil tak langsung menghabiskan susu dan masih kurang dari dua jam, tentunya susu akan menjadi dingin. Tapi hindari menghangatkan menggunakan microwave ya Moms, karena bisa mengundang bakteri.

Serta jika menggunakan alat penghangat botol jangan sampai lebih dari 10 menit karena bisa membuat bakteri berkembang biak. 

6. Jangan Menyimpan di Kulkas

Alih-alih menghindari dari paparan sinar matahari atau semut, menyimpan susu formula di kulkas malah mengundang kuman dan bakteri. Pasalnya susu formula menjadi lebih cepat lembap. 

Untuk itu Moms bisa menyimpannya dalam suhu ruang 13-24 derajat celcius dan menaruhnya pada tempat penyimpanan yang rapat agar semut tak berdatangan. 

Artikel Pilihan