Menu

Serem Abis, 8 Kebiasaan Ini Bisa Picu Kerusakan Otak Beauty!

15 November 2021 13:15 WIB

Ilustrasi otak yang mulai mengalami kerusakan karena kebiasaan buruk. (Freepik/asier_relampagoestudio)

HerStory, Sukabumi —

Beauty sering merasa mudah lelah sampai sulit berkonsentrasi? Coba perhatikan lagi apakah kebiasaan-kebiasaan ini masih sering dilakukan? pasalnya kebiasaan tersebut dapat memicu kerusakan otak, lho

Otak sejatinya merupakan organ yang sangat kompleks pada tubuh. Ia berfungsi untuk mengatur segala macam proses dalam tubuh mulai dari menghirup udara sampai emosi manusia

Karenanya sangat penting dalam menjaga kesehatan otak. Sayangnya masih banyak dari kita yang mengabaikan kesehatan otak karena masih saja melakukan kebiasaan-kebiasaan yang ternyata dapat memicu kerusakan sel-sel otak baik jangka pendek maupun panjang. 

Mulai dari sekadar sulit berkonsentrasi sampai ke penyakit serius dalam tubuh. 

Lantas kebiasaan apa saja yang bisa merusak otak? Melansir dari berbagai sumber (15/11/2021) berikut 8 diantaranya. 

1. Melewatkan Sarapan

Bukan cuma membuat tubuh kurang berenergi menjalani hari dan meningkatkan risiko kenaikan berat badan berlebih, melewatkan sarapan juga bisa memicu kerusakan otak.

Pasalnya melewatkan sarapan dapat mempengaruhi situasi emosional, kehilangan konsenstrasi dan memori, intelektual miskin, serta membuat tubuh kekurangan gula darah. Dimana, gula darah merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh otak.

2. Terlalu Banyak Makan

Makan berlebih selain memicu kenaikan berat badan sampai obesitas juga bisa membuat otak rusak. Sebab, darah menjadi lebih banyak dialirkan ke usus untuk pencernaan. Sehingga otak menjadi kekurangan darah dan berujung kehilangan fokus. 

3. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Terlalu banyak makan gula berpotensi merusak otak karena proses penyerapan zat gizi dan protein dalam tubuh terhambat. Hal itu juga berdampak pada terhambatnya perkembangan otak yang berujung malnutrisi. 

4. Merokok atau Menghirup Udara Tercemar

Zat karsinogenik pada rokok juga beragam racun dari udara tercemar secara perlahan bisa membunuh sel-sel otak. Selain itu kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit kronis.

5. Begadang

Begadang membuat tubuh kurang untuk beristirahat. Alhasil secara perlahan membunuh sel-sel otak dalam jangka waktu pendek. Seperti memiliki suasana hati yang buruk dan cepat merasa lelah. Tak menutup kemungkinan, kurang tidur bisa berisiko meningkatkan stres sampai depresi. 

6. Banyak Tidur

Bukan cuma kurang tidur, berlebihan dalam tidur juga bisa mempengaruhi kerusakan otak. Tubuh yang kurang aktif karena kebanyakan tidur bisa melemahkan daya pikir serta menurunkan kerja metabolisme tubuh. 

Jadi selalu pastikan tidur yang cukup yaitu 8 jam per hari untuk beristirahat. 

7. Menutup Kepala Saat Tidur

Beberapa orang memiliki kebiasaan tidur salah satunya seperti menutup kepala dengan selimut atau bantal ketika tidur. Atau bisa juga karena cuaca yang dingin. 

Sayangnya kebiasaan ini bisa menyebabkan karbondioksida terperangkap sehingga jumlah oksigen pada otak berkurang. Hal ini tentunya sangatlah berbahaya bagi otak. 

8. Kurang Berimajinasi

Berimajinasi mampu membuat otak menjadi kreatif tentunya sesuai batasan ya, Beauty. Jika kurang berimajinasi dapat mengurangi bahkan menurunkan kemampuan otak yang berdampak pada menurunnya kecerdasan.

Berlebihan berimajinasi juga kurang baik ya, Beauty. 

Nah itu dia beberapa kebiasaan yang ternyata bisa memicu kerusakan otak. Kebiasaan mana saja yang masih sering dilakukan?