Menu

Jangan Disepelekan, Ini Gejala Kekurangan Vitamin D Pada Kulit

16 November 2021 14:00 WIB

Ilustrasi pemberian vitamin dan obat untuk anak. (Pinterest/kidsinthehouse)

HerStory, Bandung —

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang bisa kita dapatkan dari sinar matahari. Kurangnya paparan sinar matahari akan membuat kita kekurangan vitamin D.

Padahal, vitamin D lah yang dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kelainan bentuk tulang, seperti rakhitis pada anak-anak. Selain itu, kekurangan vitamin D juga bisa mengakibatkan nyeri tulang yang disebut osteomalacia pada orang dewasa.

Namun, konsumsi terlalu banyak suplemen vitamin D selama jangka waktu panjang juga membuat tubuh menerima kelebihan kalsium yang tidak baik untuk kesehatan.

Tanda Kekurangan Vitamin D pada Kulit

Situs kesehatan cerascreen mengatakan bahwa vitamin D memainkan peran penting dalam kesehatan kulit kita. Kamu bisa melihat beberapa tanda-tanda kekurangan vitamin D pada kulit.

Karena, vitamin D berkontribusi pada penyembuhan luka . Sehingga kekurangan vitamin D bisa menimbulkan beberapa tanda-tanda pada kulit, diantaranya:

- Proses penyembuhan luka kulit yang lebih lambat

- Eksim

- Psoriasis.

Gejala kekurangan vitamin D lainnya termasuk nyeri otot dan kelemahan, gaya berjalan waddling, nyeri kronis yang meluas atau nyeri tulang di punggung bagian bawah, panggul dan kaki.

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

NHS mengatakan faktor risiko kekurangan vitamin D, termasuk kurangnya paparan sinar matahari, kulit lebih gelap, berada di rumah, malabsorpsi, dan sedang hamil atau menyusui. Kamu tidak akan mengalami overdosis vitamin D melalui paparan sinar matahari.

Pada bulan-bulan musim panas, mayoritas penduduk akan mendapatkan cukup vitamin D melalui paparan sinar matahari, diet yang sehat dan seimbang.

Pada bulan musim dingin, orang-orang mungkin akan kesulitan mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari. Jadi, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen Vitamin D dalam bentuk tablet, cairan, atau semprotan yang bisa dibeli di apotek. Tapi, konsumsi suplemen vitamin D berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

NHS mengatakan mengonsumsi terlalu banyak vitamin D dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan terlalu banyak kalsium menumpuk di dalam tubuh yang bisa merusak ginjal.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan